ArenaLTE.com – Dari sekian banyak produk Fitness band (gelang kebugaran) yang beredar di pasar Indonesia, Samsung Gear Fit 2 ini cukup menarik perhatian saya. Semua fungsi dan fitur yang dibutuhkan dalam sebuah gelang kebugaran bisa saya dapatkan dalam Samsung Gear Fit 2.

Fungsi seperti fitnes tracker seharian, heart rate, GPS Tracking, jarak berlari, notifikasi smartphone, pengingat ketika kita terlalu lama diam, jumlah kalori hingga pendeteksi olahraga. Bahkan ada tambahan beberapa fitur menarik seperti musik player internal, dan penghitung jumlah gelas air dan kopi yang kita minum setiap hari.

Sepertinya Samsung Gear Fit 2 ini lebih dari sekedar sebuah Fitness Band (Gelang kebugaran) namun sudah seperti layaknya sebuah fitnes smartwatch mini. Dengan tampilan layar lengkungnya kita bisa memilih berbagai tipe tampilan di layar, termasuk notifikasi smartphone android yang kita gunakan apakah ada Whats App masuk atau pangilan telepon dari pergelangan tangan kita.

Samsung Gear Fit 2 (4)Dan tentu saja desain, layar lengkung AMOLED berukuran 1.5 inci dan memiliki resolusi 216 x 432 piksel. Sangat keren yang dibalut dengan bahan karet yang nyaman dikenakan di pergelangan tangan dan desain yang sporty dan kekinian. Tak ketinggalan, Samsung melapisi layar ini dengan Corning Gorilla Glass 3 yang secara teori mampu melindungi dari goresan serta tidak mudah retak.

Layar ini telah mendukung wake up gesture, jadi layar akan secara otomatis menyala ketika kita menggerakkan tangan untuk mengarahkan layar ke wajah kita, posisi layaknya orang yang ingin melihat jam tangan. Dan ketika tangan kita turun kembali maka layar akan secara otomatis  mati kembali.

Gear Fit 2 mempercayakan Tizen sebagai sistem operasi utamanya. Perangkat ini hadir dengan dukungan RAM 512MB, memory internal 4GB, baterai 200 mah serta beragam sensor seperti gyroscope, accelerometer, barometer dan heart-rate monitor (pengukur detak jantung).

Samsung Gear Fit 2 (2)Samsung Gear Fit 2 ini juga bisa dibilang merupakan versi tipisnya smartwatch Samsung Gear S2 , fitur fitnes yang dimilikinya mirip dan fitur notifikasi yang dimilikinya juga sangat baik, namun sayang dukungan aplikasinya masih minim.

Terkoneksi dengan smartphone melalui koneksi bluetooth, kita bisa mendownload aplikasi kedalam Samsung Gear Fit 2 melalui aplikasi Samsung Gear yang kita instal di smartphone. Belum banyak aplikasi yang tersedia untuk Samsung Gear Fit 2 ini hanya beberapa aplikasi standar seperti Stopwatch dan timer.

samsung gear fit 2Salah satu hal yang paling revolusioner menurut saya yaitu kemampuan konektifitas dengan aplikasi Spotify di smartphone. Kita bisa mengendalikan dan mengakses playlist Spotify melalui Samsung Gear Fit 2 di pergelangan tangan. Ya, tentu saja kita tetap membutuhkan smartphone untuk koneksi internet ke Spotify.

Samsung Gear Fit 2 memiliki kapasitas memori hingga 4GB yang bisa kita isi dengan 1000 lebih lagu favorit, jadi ketika kita menjalankan musik di Samsung Gear Fit 2 kita bisa memilih musik yang akan kita putar itu dari dalam memori smartphone atau dari memori internal Samsung Gear. Menarik kan? Kita bisa berolahraga lari sambil dengerin musik tanpa harus bawa smartphone, cukup dengan Samsung Gear Fit 2 dan headset bluetooth.

Samsung Gear Fit 2 (3)
Samsung Gear Fit 2 sudah memiliki sertifikasi IP68 memiliki kemampuan anti air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Namun saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan Samsung Gear Fit 2 sambil berenang. Satu lagi, menurut saya daya tahan baterai Samsung Gear Fit 2 ini kurang awet dibandingkan dengan gelang kebugaran lainnya.

Dengan kapasitas baterai 200 mAh, Samsung Gear Fit 2 hanya mampu bertahan selama 2,5 hari saja? Mungkin karena layarnya yang cerah dan selalu terkoneksi dengan smartphone dan semua notifikasi aktif. Untuk mengisi ulang baterai hingga 100 persen membutuhkan sekitar 1-2 jam.

Spesifikasi Dan Harga Samsung Gear Fit 2 :

Layar : 1.5” Curved AMOLED (216 x 432)
CPU :  Dual core @ 1 GHz
RAM : 512 MB
Memori : 4 GB
Baterai : 200mAh
Sensor : GPS, accelerometer, gyro, barometer, heart rate
Kompatibilitas : Android 4.4 keatas
Anti Air : IP68
Harga : IDR2,4juta