ArenaLTE.com – Akhirnya, Samsung Galaxy View pun resmi diungkap. Tablet raksasa yang sempat jadi spekulasi dan rumor di berbagai media internet lantaran ukurannya yang tergolong tak lazim ini benar-benar jadi kenyataan. Perusahaan menegaskan, Samsung Galaxy View adalah perangkat mobile Android terbesar di pasaran saat ini, meskipun pada kenyataannya, Samsung disinyalir tengah menyiapkan perangkat lebih besar.

Samsung Galaxy View membawa display seluas 18,4 inci dengan resolusi full HD (1080×1920 piksel). Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya tablet raksasa yang membuat rivalnya jadi terasa ‘kerdil’ ini membenamkan chipse Exynos 7580. Penggunaan dapur pacu tersebut bisa dimaklumi, karena Samsung sendirilah yang harus menyiapkan treatment khusus buat tablet ‘nyeleneh’ ini.

samsung galaxy view fixedProsesor octa core dalam tablet ini memiliki clockspeed 1.66 GHz dibantu oleh RAM 2GB. Untuk memori internal, Samsung Galaxy View menyediakan pilihan 16/32GB. Sedikit disayangkan, karena bagian ruang penyimpanan ini tak se-‘raksasa’ ukurannya.

Samsung mematri kamera depan sebesar 2,1 MP yang tentu saja sangat kecil untuk ukuran perangkat premium. Perusahaan ini mungkin beranggapan aspek kamera bukan menjadi faktor krusial buat tablet sebesar ini.

Melirik baterainya, kita hanya akan disuguhi sumber daya berkapasitas 5700 mAh. Apakah baterai sebesar ini bisa diandalkan untuk menangani tablet dengan layar raksasa? Samsung sendiri mengklaim jika baterainya bisa bertahan selama 8 jam dipakai menonton video terus menerus. Tablet ini mengandalkan sistem operasi Android Lollipop yang bekerjasama dengan Media UX skin.

Area konektivitas ditunjang dengan elemen yang sudah sangat lengkap. Samsung Galaxy View mengakomodasi jaringan 4G LTE, Wifi dan Bluetooth. Tablet dengan ketebalan 11,9 mm ini juga sudah disokong speaker stereo dan two-way stand (dudukan). Tablet ini akan sangat cocok untuk kalangan yang gemar menonton video.

“Di Samsung, kami berkomitmen menciptakan kemungkinan baru dan membawa pengalaman mobile terbaik kepada konsumen. Kami sangat bersemangat memperkenalkan Galaxy Biew, menyodorkan cara yang sangat baru di sektor mobile khususnya hiburan dan video,” ujar JK Shin, CEO Samsung.

Tapi ingat lho, Samsung belum memasang banderol harga Samsung Galaxy View. Begitu pula dengan tanggal peluncurannya yang masih ditutup rapat. Gambarannya sih sudah jelas, beberapa hari lalu ArenaLTE.com sudah memberikan bocoran bahwa dua toko ritel di AS, B&H dan Adorama sudah menjual tablet secara pre order seharga 599 dolar AS untuk versi 32GB Wifi only.