ArenaLTE.com – Walaupun pasarnya tak segemuk smartphone, namun Samsung masih setia bermain di segmen tablet. Kali ini vendor asal Korea Selatan tersebut mengumumkan Galaxy Tab J yang diperuntukkan buat pasar Taiwan. Dari segi spesifikasi dan target pasar, seri dengan embel-embel ‘J’ biasanya ditempatkan Samsung untuk segmen entry level.

Yups, memang benar jika Samsung Galaxy Tab J adalah sebuah tablet yang mengusung bujet terjangkau. Seri yang mengusung bentang layar seluas 7 inci ini mengemas panel PLS (julukan teknologi IPS yang dipakai Samsung). Perusahaan menyuntikan resolusi 1280×800 piksel (WXGA) supaya tampilannya menghasikan kerapatan piksel sekitar 216 ppi. Untuk ukuran tablet sih sudah relatif memuaskan.

samsung galaxy tab jDi bagian komputasi, Samsung Galaxy Tab J menyisipkan chipset quad core Spreadtrum SC8830 yang memiliki clockspeed 1.5GHz. Supaya performanya tetap lincah dan grafis lancar, perusahaan menyandingkannya dengan RAM 1.5GB dan GPU Mali-400MP2. Di bagian storage, Samsung tak lupa menanamkan memori internal berkapasitas 8GB. Memang tak terlalu lapang tapi kita bisa menambahkan ruang penyimpanan via slot microSD.

Buat yang ingin mengambil foto dan gambar dengan tablet ini, Samsung sudah menyertakan kamera utama berkekuatan 8MP di bagian belakang bodinya dilengkapi dengan aperture f/1.9. Di sektor depan, kalian pun bisa tetap melakukan aktivitas video call atau selfie berkat kehadiran kamera bersensor 2MP.

Tablet berbasis sistem operasi Andrioid 5.1 Lollipop ini mengusung dimensi sekitar 08.8 x 186.9 x 8.7mm dan berat 289 gram. Galaxy Tab J bisa dipakai untuk melakukan aktivitas seperti jelajah dunia maya, sosial networking, chatting, email, game dan multimedia. Buat internetan, tablet ini cukup bisa diandalkan karena mendukung jaringan 4G LTE Cat. 4 (150/50 Mbps).

Nah, baterai yang dibenamkan dalam tablet ini ternyata cukup besar dengan kapasitas 4000mAh. Setidaknya, untuk ukuran tablet bisa menyuguhkan stamina yang menjanjikan. Beberapa fitur khusus disematkan dalam Galaxy J Tab seperti Kid Mode, S Bike.

Samsung Galaxy Tab J mendukung Wifi b/g/n, Bluetooth v4.0 dan radio FM. Tablet ini bakal segera tersedia di pasar Taiwan awal Agustus dalam pilihan warna white dan gold. Harganya dibanderol 5.900 dolar Taiwan atau setara IDR 2.396.000 (kurs 400). Belum ada informasi soal harga jual secara global.