ArenaLTE.com – Samsung Galaxy Tab A (2016) sudah menjadi pembicaraan sejak beberapa pekan lalu. Banyak yang penasaran kapan perangkat ini meluncur. Eh, ternyata tablet generasi baru ini malah muncul secara diam-diam di situs resmi Samsung. Di Eropa namanya adalah Samsung Galaxy Tab A, sementara di AS segera menyusul dengan nama Galaxy Tab E.

Samsung Galaxy Tab A mengusung layar LCD seluas 7 inci dengan resolusi 1280×800 piksel  (WXGA). Tablet ini merupakan sekuel dari keluarga Galaxy Tab A yang mengusung model berlayar 8 inci dan 9,7 inci. Meski tak tertera di situs resminya, beberapa peritel sudah menjualnya seharga 188 dolar AS atau IDR 2.444.000 (kurs 13000) untuk versi Wi Fi. Sementara untuk versi Wi Fid an 4G LTE harganya di kisaran 245 dolar AS setara IDR 3.185.000 (kurs 13000).

samsung galaxy tab A a

Dari detil spesifikasinya, tablet ini dipersenjatai prosesor quad core Exynos 3475 berclockspeed 1.3GHz ditandem dengan RAM 1.5GB. Sementara untuk pengolah grafis, Samsung mempercayakan kepada GPU Mali-T720.

samsung galaxy tab A cSementara baterai yang menjadi penyokong daya dalam Galaxy Tab A (2016) mengandalkan kapasitas 4000mAh. Baterai ini mampu menyuguhkan kemampuan streaming  video hingga 9 jam dan 100 jam untuk streaming musik.

Lepas dari dapur pacunya, beberapa spesifikasi yang sempat dirumorkan terbukti benar. Yups, Galaxy Tab A versi baru ini mengusung kamera belakang 5MP dan kamera depan berkekuatan 2MP. Sayang, untuk memori internalnya, sang vendor hanya membenamkan kapasitas sebesar 8GB. Untung saja, sang vendor sudah menyediakan slot microSD untuk menambah storage hingga 200GB.

Oh ya, tablet ini berjalan di atas sistem operasi Android 5.1 dengan dukungan Kids Mode khas Samsung yang memang menjadi salah satu fitur andalan pada tablet keluaran sang vendor. Bahkan kabarnya, perusahaan asal Korea Selatan ini tengah menggarap versi Kids Mode yang paling mutakhir dan diharapkan bakal debut di Galaxy Tab A terbarunya.

samsung galaxy tab A bTablet ini memiliki ketebalan sekitar 8,7mm dengan bobot 283 gram. Satu hal yang disayangkan, tablet ini tidak dilengkapi dengan S Pen atau stylus sebagai aksesoris pelengkapnya. Samsung Galaxy Tab A akan hadir dalam warna Black dan White.