ArenaLTE.com – Samsung Galaxy On 7 dan Galaxy On 5 akhirnya resmi meluncur di Tiongkok. Sebagai informasi, beberapa hari sebelumnya Samsung Galaxy On 5 sempat muncul di halaman website Samsung India, tapi dalam waktu singkat dicabut kembali. Kini, dua seri entry level ini malah diungkap secara resmi oleh Samsung China.

Oke, cukup brief singkatnya. Karena sudah bisa dipastikan semua mata kini tertuju ke Samsung China yang sudah mengambil alih perhatian khalayak terhadap Samsung Galaxy On 7 dan Samsung Galaxy On 5. Dua seri entry level yang baru saja diungkap ini menawarkan desain nan atraktif. Jika dilihat sepintas keduanya terlihat seperti A series yang terbuat dari plastik dengan cover belakang dipoles sentuhan bergaya premium.

Samsung mengklaim jika Galaxy On 7 dan Galaxy On 5 adalah smartphone terjangkau dengan dukungan frame dan bezel tipis. Spekulasi yang beredar di internet sempat menyebut beberapa nama untuk dua seri ini seperti Galaxy Grand On, Galaxy Mega On, bahkan ada yang menyebut Galaxy O series.

samsung galaxy on7Samsung Galaxy On 7 merupakan smartphone yang memiliki ketebalan 8,2 mm. Mengemas layar TFT seluas 5,5 inci dengan resolusi HD (720p) yang bisa dimaklumi mengingat latar belakangnya sebagai seri terjangkau bujet.

Memasuki bagian jantungnya, Samsung Galaxy On 7 mengandalkan prosesor quad core 1.2 GHz (mungkin Cortex-A53) yang dibackup RAM 1.5GB. Sementara sektor fotografi dipatri dengan kamera berkekuatan 13MP di bagian belakang serta kamera depan 5MP. Untuk menyimpan hasil foto dan video tersedia memori interna sebesar 8GB.
Baca: Samsung Galaxy View, Tablet Android Berukuran Raksasa Siap Unjuk Gigi

Meski murah meriah, ternyata Samsung Galaxy On 7 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Soal band yang tersedia kemungkinan berbasis TDD-LTE yang memang sesuai untuk pasar Tiongkok. Galaxy On 7 menggendong baterai berkapasitas 3000 mAh serta sudah disuntik sistem operasi Android 5.1 Lollipop (mendapat pre-install Samsung Milk Music). Tersedia dalam warna putih dan emas.

samsung galaxy on5Saudaranya Samsung Galaxy On 5 mengandalkan layar seluas 5 inci, resolusinya sama yakni HD (720p). Untuk chipsetnya, smartphone ini disuntik Exynos 3475 (quad core 1.3 Ghz Cortex-A7 dengan GPU Mali-T720). Kapasitas RAM juga tak jauh berbeda dengan Galaxy On 7 yakni 1.5GB.

Sektor lain nyaris tak terlalu berbeda, Misalnya keberadaan kamera yang mengandalkan resolusi 8MP di belakang bodi serta kamera selfie 5MP di bagian depan. Termasuk ketersediaan memori internal dengan dukungan kapasitas 8GB. Samsung Galaxy On 5 masuk dalam jajaran smartphone murah yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Berjalan di atas Android Lollipop (didukung aplikasi Milk Music) dan baterai berkapasitas 2600 mAh.

Kedua smartphone ini akan dipasarkan di negeri tirai bambu dalam waktu dekat. Selain itu, mengingat ponsel ini sudah sempat bocor di India, bisa dipastikan peluncuran di negara tersebut tak perlu menunggu lama. Perkiraaan harga Samsung Galaxy On 5 sekitar 150 dolar AS atau IDR 2,1 juta (kurs 14000). Samsung Galaxy On 7 dilepas sekitar 200 dolar AS atau IDR 2,8 juta (kurs 14000).