ArenaLTE.com – Samsung kembali menelurkan flagship terbarunya. Kali ini adalah di lini Note series dengan lahirnya Samsung Galaxy Note 7. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini melompat dari Note 5 langsung ke Note 7 agar seragam dengan flagship S7 series.

Dalam hal konektivitas, smartphone ini juga melompat dari seri sebelumnya yang memakai LTE Cat 6, maka di seri Note 7 telah mendukung teknologi anyar LTE Cat 9. Bahkan support LTE Cat 10 dan LTE Cat 12 tergantung pasar dan operator. Artinya, jika di Note 5 saja bisa akses data dengan kecepatan hingga 300 Mbps (DL), maka di seri baru ini dengan LTE Cat 9 bisa ngebut dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Walaupun belum ada operator LTE di Indonesia yang mengimplementasi teknologi sekencang ini, namun Smartfren diketahui sedang ancang-ancang dengan mengembangkan 3 Carrier Aggregation yang mendukung LTE Cat 9.

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 7

Apakah hanya kecepatan data saja yang ngebut? Tentu saja tidak. Dapur pacunya pun berlari kencang dengan prosesor Samsung Exynos Octa Core (2,3GHz quad + 1,6GHz Quad) 64 bit 14nm yang diperkuat memori 4GB RAM. Senjata yang mirip dengan seri S7 ini dipakai untuk menopang berbagai fitur canggih yang disuntik di dalam ponsel stylus ini.

Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah iris scanner, yang diklaim Samsung jauh lebih aman dari sensor sidik jari. Sistem pengamanan berbasis retina mata ini bisa dipakai untuk mengunci aplikasi, foto, catatan dan berbagai konten lain yang tersimpan di ponsel.

Samsung Galaxy Note 7 menggunakan layar Super AMOLED 5,7 inch dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel QHD yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5 agar makin kokoh. Layar didesain melengkung pada kedua sisinya persis seperti seri S7 Edge, sehingga meski berukuran besar tetap nyaman digenggam karena terasa ramping.

Tak ketinggalan, ciri khas utamanya yaitu S Pen semakin diperkuat kemampuannya dengan pendekatan yang diubah ke magnetik di mana sebelumnya elektro statis sehingga diklaim lebih sensitif dan akurat. Note 7 juga mengikuti jejak S7 Series yang tahan air dengan sertfikasi IP68 yang tahan air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Begitupun dengan S Pen yang didesain tahan air, sehingga Anda tetap bisa melukis sembari berenang.

Hal baru lainnya adalah untuk pertama kalinya, Samsung mencoba mengimplementasikan USB Type C yang performa untuk transfer data dan charging lebih cepat, meski tetap menyediakan adaptor untuk micro USB. Keluhan tidak adanya slot memori eksternal juga dijawab di Note 7 yang bahkan mendukung micro SD hingga 256 GB.

Sementara di sektor kamera, spesifikasinya sama dengan yang ada di Galay S7 Series menggunakan kamera 12 megapixel dengan teknologi sensor Dual Pixel untuk auto fokus lebih cepat. Serta memiliki bukaan (aperture) f/1,7 dengan optical image stabilization. Sementara kamera depan resolusi 5 MP dengan aperture F/1,7.

Kapasitas baterai sebesar 3,500 mAh yang tergolong standar, bahkan mungkin kecil jika melihat berbagai fitur dan performanya. Terlebih sekarang banyak kompetitor yang memakai baterai di atas 4.000 mAh. Samsung Galaxy Note 7 mendukung fitur fast charging dan wireless charging.

Note7_Specjpg
Harga Samsung Galaxy Note 7

Samsung melakukan antisipasi yang bagus dengan menjaga momentum sehingga ketersediaan produk ini dengan cepat segera tersedia di Indonesia. Samsung membandrolnya dengan harga IDR 10.777.000 yang  ditawarkan dalam warna Blue Coral, Gold Platinum, Silver Titanium dan Black Onyx. Konsumen yang tertarik bisa melakukan preorder mulai tanggal 5 Agustus hingga 21 Agustus 2016 di GalaxyLaunchPack.com.

Samsung memberikan paket promosi berupa free battery pack 10.000 mAH dan cashback hingga IDR 900 ribu dengan partner penyedia kartu kredit. Selain itu, terdapat pilihan paket harga yaitu dengan menambah IDR 500 ribu akan mendapatkan Gear VR generasi kedua serta jika menambah IDR 1,2 juta bisa memperoleh Gear Fit 2. Anda tertarik?