ArenaLTE.com – Samsung terus merangsek pasar Tiongkok dengan sejumlah smartphone kelas bawah. Samsung Galaxy J3 Pro menjadi varian generasi terbaru yang diumumkan di negara tersebut. Seri ini merupakan versi lebih mutakhir dari Samsung Galaxy J3 (2016) dengan beberapa peningkatan dari sisi spesifikasi.

samsung galaxy j3 pro aSamsung Galaxy J3 Pro mengemas layar seluas 5 inci pada resolusi HD (720p). Seperti umumnya sebagian besar seri Samsung lain, sang vendor menempelkan panel Super AMOLED. Jadi meskipun masuk kategori handset entry level tapi kualitas display Galaxy J3 Pro tetap bisa diandalkan.

Meskipun menyodorkan cover belakang bernuansa logam, namun sebenarnya smartphone ini dibungkus material polikarbonat. So, jangan tertipu dengan penampilannya yang terkesan premium dulu ya. Galaxy J3 Pro kemungkinan hadir dalam dua warna yakni Gold dan Grey.

Supaya akselerasi internet lebih ngebut, Samsung menyematkan jaringan 4G LTE yang disokong kapabilitas dual SIM card. Tak ketinggalan konektivitas mulai dari 4G LTE, 3G, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, NFC dan GPS+GLONASS.

Oh ya, saat ini Samsung Galaxy J3 Pro masih mengandalkan sistem operasi Android Lollipop. Tapi sepertinya sang vendor bakal  mengejar ketinggalan ini dengan indikasi ketersediaan update ke versi Marshmallow dalam waktu dekat.

Kamera menjadi bagian yang mendapat update paling mencolok. Sensor kamera di bagian belakang bodi yang tadinya hanya punya resolusi 5MP didongkrak menjadi 8MP dengan aperture f/2.0. Sementara kamera selfie berkekuatan 2MP mengalami peningkatan menjadi 5MP. Kameranya bisa dipakai merekam video full HD 1080p.

Di sektor dapur pacu, sang vendor membenamkan chipset quad core, Qualcomm Snapdragon 410 dengan clockspeed 1.2GHz. Jika sebelumnya kita hanya menemukan RAM 1.5GB di Samsung Galaxy J3 (2016), maka seri baru ini punya RAM 2GB.

Begitu pula memori internalnya disulap menjadi 16GB alias lebih besar 8GB dari Galaxy J3 original. Seri ini juga menyediakan slot microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan. Sebagai penyuplai daya, Samsung Galaxy J3 Pro menanamkan baterai berkapasitas 2650mAh. Sedikit lebih besar dari Galaxy J3 biasa (2600mAh).

Ponsel ini bakal dipasarkan dalam dua pilihan warna yakni Gold dan Grey. Harga jualnya kemungkinan dipatok pada angka cukup terjangkau yakni 990 yuan atau setara IDR 1.980.000 (kurs 2000).