ArenaLTE.com – Baru saja Samsung mengungkap Galaxy J2 di pasar India akhir bulan lalu. Tapi tampaknya perusahaan masih belum puas dan siap memperkenalkan keluarga baru di lini produk tersebut, namanya Samsung Galaxy J3. Produk dengan luas layar 5 inci tersebut terungkap lewat publikasi di situs benchmarking ternama.

Samsung Galaxy J3 muncul di GFXBench dan Geekbench dengan nomor model SM-J3109. Smartphone ini terlihat lebih besar dan lebih mutakhir ketimbang Samsung Galaxy J2. Beberapa fitur yang dikantonginya antara lain layar seluas 5 inci dengan resolusi 1280×720 piksel. Meningkat dari layar 4,7 inci resolusi 540×960 piksel yang dibenamkan pada Samsung Galaxy J2.

Bakal perangkat baru ini berpotensi membenamkan kamera utama berkekuatan 8 MP, kemudian kamera depan dengan resolusi 5 MP. Kameranya tersebut bakal didukung kemampuan terkini seperti rekam video 1080p. Kemampuan rekam ini juga disematkan pada kamera depan. Sekedar informasi saja, kamera depan pada Samsung Galaxy J2 hanya mampu merekam video pada resolusi 720p.

Samsung Galaxy J3Samsung Galaxy J3 mempersiapkan memori internal 8GB beserta RAM 1GB. Sementara prosesornya mengandalkan quad core 64-bit Qualcomm Snapdragon 410 yang memiliki clockspeed 1.2 GHz.

Bagaimana dengan sistem operasi? Sepertinya smartphone ini masih akan menggunakan OS Android 5.1.1 Lollipop meskipun Google sudah merilis versi baru Marshmallow. Namun belum bisa dipastikan dimana dan kapan smartphone ini dijual begitu juga dengan kisaran harga yang dipatok.

Keluarga Samsung Galaxy J memang bergerak perlahan-lahan. Di pasaran sudah muncul beberapa anggotanya seperti Galaxy J1, Galaxy J2, Galaxy J5, Galaxy J7. Namun belum ada jajaran menengah yang yang lahir. Sepertinya Galaxy J3 digadang menempati posisi tersebut.