ArenaLTE.com – Samsung terpaksa mengikuti trend vendor lain sekaligus mengakomodasi selera pasar dengan merilis handset super murah. Adalah Samsung Galaxy J1 Mini yang hadir membidik segmen yang tak ingin merogoh kocek terlalu dalam di pasar di negara berkembang. Harga jualnya, tentu saja super murah. Tapi soal spesifikasi bagaimana?

Saat ini Samsung Galaxy J1 Mini mulai menjajaki kawasan Asia Tenggara, baru-baru ini meluncur di Filipina. Dari bentuk dan fitur yang dibenamkan, sekilas smartphone ini sedikit identik dengan Samsung Galaxy J1 Nxt yang baru saja masuk Bangladesh dengan banderol sekitar 88 dolar AS setara IDR 1.232.000 (kurs 14000).

samsung galaxy j1 miniNama yang diusung Samsung sepertinya memang pas guna menghindari kebingungan konsumen. Soal spesifikasinya, smartphone ini jelas terlihat membidik segmen bawah. Contohnya, sang vendor hanya membenamkan RAM sebesar 768MB, padahal seri murah saat ini rata-rata sudah mulai menanamkan RAM di kisaran 1GB ke atas. Suka tidak suka, langkah ini jelas cukup menghemat biaya produksi.

Lebih jauh, antara Samsung Galaxy J1 NXt dan Samsung Galaxy J1 Mini sepertinya benar-benar banyak memiliki kesamaan. Mengandalkan bentang layar TFT seluas 4.0 inci dengan resolusi 480×800 piksel. Soal dapur pacunya, smartphone ini mengandalkan prosesor quad core berclockspeed 1.2GHz.

samsung galaxy j1 miniGalaxy J1 Mini akan berjalan di atas sistem operasi Android 5.1 Lolllipop yang sudah dibungkus dengan antarmuka khas Samsung. Di area fotografi tak ada hal spesial yang disuguhkan ponsel ini. Kamera utama yang dibenamkan di bodi belakang hanya memiliki sensor CMOS 5MP. Kamera selfie di bagian depan juga terlihat kurang menjanjikan dengan resolusi hanya setara VGA 0.3MP.

Masuk ke bagian sumber tenaga Galaxy J1 Mini, kita akan menemukan baterai berkapasitas 1500mAh. Memang relatif kecil, tapi untuk menyokong kebutuhan smartphone yang bisa dibilang tak terlalu rakus daya rasanya sudah cukup. Baterai ini menjanjikan 8 jam waktu bicara dan 7 jam browsing dan 29 jam untuk memainkan musik.

Sayangnya, smartphone ini belum mendukung layanan 4G LTE yang saat ini tengah menjadi trend.  Tapi Galaxy J1 Mini yang memiliki dimensi kompak 121.6 x 63.1 x 10.8 mm ini menyuguhkan fasilitas dual SIM card. Fitur lain yang dibenamkan dalam handset ini antara lain USB 2.0, GPS, Glonass, 3.5mm Stereo Earjack, WiFi 802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct dan  Bluetooth 4.0.

Belum ada informasi soal ketersediaan dan harga jual Galaxy J1 Mini. Tapi jika menilik banderol Samsung Galaxy J1 Nxt, kemungkinan harganya ada di kisaran sejutaan.