ArenaLTE.com – Salah satu keunikan kultur Jepang adalah menyukai smartphone outdoor. Tak heran jika mayoritas produk Sony Mobile memiliki kemampuan ini. Samsung pun tak mau melewatkan peluang ini dengan merilis smartphone anyar Samsung Galaxy Active Neo akhir pekan lalu. Smartphone outdoor 4G LTE ini meluncur secara ekslusif untuk pasar Jepang. Tapi jangan kuatir karena Galaxy Active Neo juga disebut-sebut akan go international dalam beberapa bulan ke depan.

Samsung Galaxy Active Neo adalah smartphone yang membidik segmen mid range dengan display seluas 4,5 inci disokong resolusi WVGA (480p). Jika bisa dibilang, resolusi yang disuguhkan Samsung Galaxy Active Neo sudah relatif ketinggalan jaman dengan kerapatan piksel rendah. Sepertinya perusahaan tak terlalu fokus untuk memperkuat sektor ini karena Samsung Galaxy Active Neo lebih fokus sebagai smartphone outdoor 4G LTE.

Soal prosesor, Samsung Galaxy Active Neo menyematkan chipset quad core 1.2 GHz Cortex-A53 Snapdragon 410 yang biasa ditemukan di seri menengah ke bawah. Dapur pacu ini sudah didampingi dengan GPU Adreno 306 serta RAM 2GB. Setidaknya mampu membantu mendorong performanya menjadi lebih gesit didukung grafis yang cukup baik.

Samsung Galaxy Active Neo mengemas kamera utama berkekuatan 8MP serta kamera depan untuk selfie dengan lensa 2MP. Nah, untuk menyimpan hasil foto dan rekaman video perusahaan menyertakan memori internal 16GB yang bisa diperluas hingga 128GB menggunakan microSDXC.

Smartphone outdoor 4G LTE ini memiliki dimensi 133x70x10,1 mm dan berat 154 gram. Menyimpan baterai berkapasitas 2200 mAh yang bersifat non removable. Soal konektifitas, Samsung Galaxy Active Neo sudah dipersenjatai dengan jaringan 4G LTE, Wifi, Bluetooth 4.1 dan NFC.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy Active Neo berjalan di atas Android 5.1 Lollipop. Dan, seperti sudah diulas di awal, sebagai smartphone outdoor 4G LTE dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Membuatnya anti debu dan anti air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Galaxy Active Neo juga memiliki sertifikasi MIL-STD-810G sehingga tahan terhadap garam dan air laut, debu, kemebaban, hujan, getaran, radiasi hingga goncangan dan benturan.

Operator Jepang NTT DoCoMo akan menawarkan smartphone ini mulai November seharga 150 euro.Tersedia dalam dua pilihan warna Camo White dan Solid Black.