ArenaLTE.com – Pengumuman dari Samsung memang belum terdengar, tapi  Samsung Galaxy A9 sudah mulai menebar sensasi kemunculannya. Maret 2016 menjadi titik awal rumor berhembus seputar smartphone ini. Kini, Samsung seolah mengkonfirmasi kehadiran Galaxy A9 karenaa smartphone ini muncul dalam listing situs resminya di Iran.

Dalam listing tersebut, spesifikasi Samsung Galaxy A9 mulai ditebar dan terungkap. Lumayan sih, kita jadi tahu apa saja yang bakal dibenamkan dalam smartphone bercasing logam ini. Beberapa hardware yang menyusup dalam Samsung Galaxy A9 tak terlalu meleset dari yang sudah bocor sebelumnya.

Salah satu detil yang tertangkap, Samsung Galaxy A9 akan disuntik chipset Qualcomm Snapdragon 620 yang ditunjang empat inti Cortex-A72 a.k.a generasi terbaru serta empat inti Cortex-A53. Dapur pacunya juga disempurnakan dengan GPU Adreno 510. Chipset ini bakal disokong RAM 3GB serta memori internal 32GB lengkap disertai slot microSD yang bisa diekspansi hingga 128GB. Oh ya, chipset ini mendukung video 4K lho.

galaxy a9Bagaimana area display? Samsung Galaxy A9 mengantongi layar Super AMOLED 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p. Kerapatan piksel dari smartphone ini mencapa 401ppi. Dikombinasi dengan panel andalan Samsung yakni Super AMOLED, Galaxy A9 mampu menawarkan tampilan gambar detil dan jernih.
Baca juga: Samsung Gear VR Berteknologi Oculus Dibanderol 1 Jutaan

Soal kamera, Samsung mematri lensa berkekuatan 16MP yang sudah memiliki fitur HDR dan autofokus. Di area depan, kita bisa ber-selfie ria lewat kamera 5MP-nya. Sementara konektivitasnya Galaxy A9 memiliki standar kelas menengah atas mulai dari GPS, NFC, Bluetooth 4.0 LE hingga konektivitas 4G LTE.

Samsung Galaxy A9 masih menanamkan sistem operasi Android 5.1.1 yang bekerjasama dengan antarmuka khas Touchwiz UI. Jadi kita harus bersabar untuk mengetahui apakah smartphone ini juga bakal mendapat update Android Marshmalllow. Sayang, baterai Samsung Galaxy A9 masih menjadi misteri. Disebutkan jika handset ini siap meluncur 1 Desember 2015.