ArenaLTE.com – Samsung Galaxy A9 (2016) generasi paling mutakhir yang baru saja diungkap akhirnya sudah resmi  tersedia di pasar Tiongkok. Seperti diketahui smartphone ini baru saja masuk dalam listing website resmi Samsung di Tiongkok. Harga Samsung Galaxy A9 dipatok sekitar 3199 RMB atau jika dikonversi dalam dolar menjadi sekitar 490 (Chinese Yuan Renminbi). Jika dikonversi ke kurs rupiah sebesar IDR 2100.

Jadi dalam rupiah, harganya sekitar IDR 6,7 jutaan. Banderol ini sesuai dengan bocoran yang beredar pekan lalu, bahwa Galaxy A9 ini bakal dipatok di kisaran tersebut. Mengacu pada listing di situs resmi Samsung Tiongkok terlihat bahwa Galaxy A9 akan tersedia dalam tiga pilihan warna: silver, pink dan gold. Tapi khusus warna gold tercatat belum ada stok.

Sekedar informasi, Galaxy A9 juga telah lolos sertifikasi FCC di AS. Artinya, dalam waktu dekat, smartphone ini juga segera meluncur di sana. Peluncuran secara internasional sendiri diperkirakan bakal dilakukan pada perhelatan CES di Las Vegas, AS pekan ini.
Baca juga: Samsung Galaxy J2, Internetan Cepat, Kreativitas Tanpa Batas

Harga Samsung Galaxy A9 memang cukup mengejutkan dan sedikit melampaui ekspektasi. Smartphone ini menempati kasta tertinggi dari jajaran A-series dengan posisi di atas seri menengah atas dan tepat di bawah seri flagship.

Secara tampilan, Samsung Galaxy A9 mengkombinasikan komponen kaca premium dengan logam. Smartphone dengan bentang layar 6 inci ini sudah disuntik dengan panel AMOLED resolusi full HD. Bezelnya dibuat sangat tipis dan minimal sehingga membuatnya rasio layar dan bodi terlihat ideal.

Samsung Galaxy A9 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 652 (sebelumnya memakai nama Snapdragon 620) didukung RAM sebesar 3GB. Smartphone ini juga mengantongi memori internal 32GB beserta slot memori microSD.

Smartphone ini juga mendukung kamera utama 13MP dan kamera selfie 8MP. Tak ketinggalan baterai berkapasitas 4000 mAh yang ditanamkan didukung fitur QuickCharge. Selebihnya, tertanam NFC, 4G LTE, Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth v4.1, GPS/Beidou.