ArenaLTE.com – Google untuk pertama kalinya memperkenalkan rangkaian produk yang menghadirkan penawaran terbaik mereka melalui software dan hardware rancangan sendiri. Namanya adalah Pixel dan Pixel XL yang benar-benar dibuat oleh Google luar dalam.

Buat kalian yang rajin memantau perkembangan Google, kata ‘Pixel’ sendiri sebenarnya bukan hal baru, lantaran sudah dipakai untuk melabeli produk hardware yang mewakili pengalaman premium Google secara keseluruhan.

Di sisi lain, kalian yang sudah akrab dengan Nexus, tentu tahu jika proyek yang digeber sejak 2010 ini berjalan melalui kerjasama dengan produsen handset di seluruh dunia. Sebenarnya ide dasar pengembangan Pixel nyaris tak berbeda dengan Nexus. Hanya saja, Pixel sudah melangkah lebih jauh dengan menyatukan pengembangan software dan hardware dalam satu atap.

google pixel a (1)Smartphone Buatan Google

Melalui Pixel dan Pixel XL, obsesi Google mengenai detil menjadi lebih ‘liar’ mulai dari desain industri hingga pengalaman penggunaan. Google mengklaim jika pihaknya merancang semuanya sesempurna mungkin. Dari segi desain, Google menawarkan sentuhan dinamis dengan sudut membulat.

Pixel dan Pixel XL juga sudah ditanami dengan panel 2.5D yang dilapisi Corning Gorilla Glass 4 dikombinasi dengan bodi berbahan aluminium yang kerap dipakai untuk material pesawat angkasa. Lapisan kaca di bodi belakang disisipi Pixel Imprint yang merupakan sensor sidik jari. Untuk mengakses notifikasi, kalian bisa menyapukan jari di sensor tersebut.

Tak hanya itu, Pixel juga mempunyai baterai yang bisa mengecas daya dengan kecepatan tinggi. Hanya dengan mengecas selama 15 menit, kalian bisa menikmati tujuh jam aktivitas menggunakan ponsel.

 Punya Google Assistant

Pixel dan Pixel XL adalah ponsel pertama yang ditanami dengan Google Assistant di dalamnya. Dengan Assistant baru ini, kalian bisa melakukan percakapan sehari-hari dengan Google. Buat mencari jawaban kebutuhan sehari-hari atau melakukan banyak hal.

Cukup panggil dengan ‘OK Google’ atau sentuh dan tahan tombol Home, sang asisten siap membantu. Minta dia memutarkan video di Youtube atau memantau trafik lalu lintas menuju kantor. Kalian juga bisa minta bantuannya untuk mencari apotik terdekat.

Kameranya Siap Bersaing

Google mengklaim jika kamera dalam Pixel adalah yang terbaik yang pernah dibuat dengan kualitas papan atas. Punya skor DxOMark Mobile mencapai 89, contoh bagaimana perpaduan yang optimal dari software dan hardwarenya.

Kamera ponsel ini punya resolusi 12,3MP didukung dengan aperture f/2.0 dan sangat gesit serta mudah digunakan. Di bagian depan, tertanam kamera selfie berkekuatan 8MP. Sektor fotografinya dilengkapi pula dengan LED flash.

Kamera ponsel ini diklaim bisa menangkap foto dengan baik dalam kondisi low light, cahaya melimpah dan berbagai kondisi. Beberapa fitur yang bisa dinikmati Smartburst untuk memotret banyak gambar cepat sekaligus, Lens Blur untuk efek bokeh hingga kontrol eksposur.

Android 7.1 Nougat

Yups, Pixel adalah smartphone yang sudah dibenami dengan sistem operasi paling anyar Android 7.1 Nougat. Smartphone ini juga bakal menikmati update software dan security yang terbaru langsung dari Google. Proses updatenya pun menurut Google akan sangat cepat dan mudah.

google pixel aaaPunya Dua Varian

Google menghadirkan Pixel dan Pixel XL sebagai kombinasi berbahaya buat para rivalnya. Seperti namanya, Pixel XL mengusung layar lebih besar dengan diagonal 5,5 inci bersama resolusi Quad HD (2560×1440 piksel). Sementara Pixel hadir dengan layar lebih mungil 5 inci pada resolusi full HD (1920 x 1080 piksel).

google pixel (1)Spesifikasi Top

Pixel menjadi smartphone pertama di AS yang menggunakan prosesor mutakhir dari Qualcomm, Snapdragon 821. Kabarnya chipset ini memiliki performa 10 persen lebih baik dari Snapdragon 820. Produsen smartphone Android sendiri biasanya memangkas performa dari varian yang lebih rendah tapi khusus untuk Pixel dan Pixel XL hal ini tak berlaku. Tak ada kompromi dalam hal performa.

Keduanya punya RAM 4GB didukung memori internal dalam dua pilihan 32GB dan 128GB. Satu hal yang membedakan dari keduanya adalah kapasitas baterai. Pixel hanya dibenami sumber daya berkapasitas 2770mAh sementara Pixel XL punya kapasitas 3450mAh. Keduanya sudah sama-sama disuntik port USB Type-C.

Ketersediaan dan Harga

Pixel dan Pixel XL sudah tersedia secara pre order dan akan mulai dipasarkan akhir bulan ini. Pixel mengusung harga sekitar 650 dolar AS atau setara IDR 9,1 juta (kurs 14000) untuk varian 32GB, sementara varian 128GB dibanderol 750 dolar AS atau IDR 10,5 juta

Pixel XL dipatok dengan harga 770 dolar AS atau IDR 10.780.000  untuk varian 32GB Sementara buat model dengan memori internal lebih lapang 128GB harganya sekitar 870 dolar AS atau IDR 12.180.000.