ArenaLTE.com – Linksys bersama dengan DD-WRT mengumumkan perluasan dukungan untuk DD-WRT. Alhasil, jajaran router Linksys, seperti WRT1900AC, WRT1200AC hingga WRT1900ACS  Dual-band Gigabit Wi-Fi yang baru saja dirilis telah mendukung firmware DD-WRT tersebut. Sekedar informasi saja, DD-WRT adalah firmware alternatif OpenSource berbasis Linux untuk beragam WLAN routers dan embedded systems.

Lebih jauh, DD-WRT kini menambah variasi pilihan firmware pihak ketiga untuk seri router WRT saat ini. Yakni dengan meluncurkan OpenWrt’s “Chaos Calmer” dan memposisikan  platform WRT sebagai pilihan utama bagi para pengembang open source. DD-WRT juga akan menghadirkan solusi-solusi firmware terkustom untuk aplikasi-aplikasi komersial yang dibangun di atas platform Linksys WRT yang sudah 12 tahun lebih konsisten mendukung jajaran WRT54G.

linksys WRT 2“Dengan kerja sama yang terjalin erat antara Linksys dengan Marvel dalam meningkatkan dukungan di tingkat hulu untuk jajaran produk Marvel CPU dan Wi-Fi radio, DD-WRT kini telah mampu menyuguhkan dukungan yang makin stabil dan kuat untuk seri router WRT modern di platform firmaware milik kami, sebagai wujud komitmen dan konsistensi kami dalam mendukung WRT selama bertahun-tahun,” tutur Peter Steinhäuser, Co-CEO, DD-WRT dalam keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.

Pada kesempatan yang sama, Vince La Duca, product manager, Linksys juga menambahkan jika pihaknya bangga bahwa DD-WRT kini dapat mendukung jajaran router WRT Series dari Linksys. “Pengguna yang telah mengandalkan dukungan DD-WRT pada aplikasi router WRT legacy milik mereka kini dapat menikmati pula jalur untuk peningkatan hardware dengan memanfaatkan teknologi AC Wi-Fi dan dengan kecepatan Gigabit khas jaringan berkabel pada jajaran router Linksys mutakhir, WRT1900AC, WRT1200AC, serta WRT1900ACS yang telah mendapatkan pengakuan yang luas,” pungkasnya.