ArenaLTE.com – Sebagai salah satu produsen chip-set smartphone terbaik dunia, Qualcomm terus melakukan gebrakan.  Kini mereka menjanjikan menjanjikan Chip baru yang akan meningkatkan kamera smartphone sekaligus menjaga hidup baterai lebih lama dengan menghadirkan Qualcomm Snapdragon 820.

Qualcomm Snapdragon 820 sudah termasuk unit pengolahan grafis (GPU) Adreno 530 baru dan unit pemrosesan sinyal gambar Spectra- dua komponen yang akan membuat gambar yang lebih tajam dan daya virtual-reality headset .

Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga menambahkan bahwa Adreno 530 akan memberikan peningkatan kinerja grafis dan komputasi hingga 40 persen dibandingkan dengan Adreno 430. Selain itu, pengguna juga dapat mengharapkan foto yang lebih baik melalui kerangka hybrid autofocus dan algoritma fusi multi-sensor yang mendukung komputasi fotografi next-gen.

Seri GPU baru Adreno 530 ini juga akan dapat mendukung beberapa API grafis terbaru, termasuk OpenGL ES 3.1, OpenCL 2.0, Renderscript dan Vulcan. Qualcomm mengklaim bahwa Adreno 530 yang sudah termasuk dalam Qualcomm Snapdragon 820, dibandingkan dengan GPU lainnya, memiliki performa tertinggi. Seri baru ini juga memungkinkan pemutaran video kualitas 4K  hingga 60 frame per detik.

“Kami secara signifikan meningkatkan kemampuan pemrosesan visual Snapdragon untuk mendukung pengalaman pengguna yang berhubungan dengan komputasi fotografi, visi komputer, virtual reality dan grafis foto-realistis pada perangkat mobile, sambil memaksimalkan daya tahan baterai,” ungkap VP Product Management Qualcomm, Tim Leland, dalam sebuah pernyataan (12/8).

Qualcomm Snapdragon 820 dengan Adreno 530 dan Qualcomm Spectra diharapkan muncul dalam perangkat baru pada semester pertama 2016.

LeTV sebuah perusahaan China adalah yang pertama untuk menggunakan prosesor smartphone Qualcomm Snapdragon 820. Sebuah gambar teaser diposting pada laman Facebook mereka. Gambar tersebut menunjukkan seseorang menyajikan garis besar smartphone layar besar dengan “820” yang ditulis di bagian tengah layar. Tidak ada gambar dari ponsel itu sendiri, tidak ada petunjuk spesifikasi lainnya, dan tidak ada tanggal rilis petunjuk. LeTV menggambarkan Qualcomm Snapdragon 820 sebagai, prosesor pamungkas dan menunjukkan ponsel baru mereka akan mengutilisasi semua kemampuan yang ditawarkan Qualcomm.