ArenaLTE.com – Vaio salah satu perusahaan elektronik yang selama ini lebih sering berkecimpung di segmen notebook ternyata punya senjata baru yang sedikit berbeda dari biasanya. Yups, Viao merilis sebuah smartphone yang diberi nama Phone Biz. Ponsel cerdas ini mengusung sistem operasi Windows 10 sebagai andalannya.

Oktober tahun lalu, Vaio sebenarnya sudah menyinggung seputar kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan dan merilis smartphone yang berbasis Windows 10. Nah, baru-baru ini Vaio akhirnya mengungkap handset Windows 10 pertama mereka yang namanya cukup ‘serius’, Phone Biz. Produk baru ini diumumkan di Jepang dan rencananya dipasarkan mulai April seharga 430 dolar AS.

viao phone bizVaio Phone Biz adalah perangkat yang dirancang dari material logam, secara tampilan sih terlihat premium dan solid. Tapi spesifikasinya tak terlalu istimewa atau kelasnya masih di bawah Lumia 950 dan Lumia 950 XL milik Microsoft. Handset ini memiliki display seluas 5,5 inci dengan resolusi full HD (1080×1920 piksel).

Sebagai otak penggerak ponsel ini, Vaio menginjeksikan prosesor kelas menengah, Snapdragon 617 yang sudah octa core. Di bagian memorinya, Vaio Phone Biz mengedepankan RAM sebesar 3GB serta memori internal 1GB. Tak ketinggalan disisipkan slot kartu memori microSD untuk melengkapi solusi di bagian storage.

viao phone biz 2Sebuah kamera 13MP terintegrasi di bagian belakang bodinya, sementara kamera depan mengadopsi sensor 5MP. Untuk menyuplai kebutuhan daya, Vaio menempatkan baterai berkapasitas 2800 mAh di dalam ponsel ini. Oh ya, lantaran ini adalah produk berbasis Windows 10, maka Phone Biz sudah mendukung fitur seperti Cortana dan Windows Continuum.

Smartphone pertama mereka yang berbasis Android sebenarnya sudah dirilis tahun lalu. Tapi sayangnya tidak beredar di luar Jepang. Vaio Phone Biz pun sepertinya memiliki nasib serupa alias hanya bisa ditemukan di Jepang. Tapi jangan pesimis dulu karena bisa saja Vaio tertarik menyebarkannya ke negara lain.