ArenaLTE.com – Dua smartphone premium dari produsen global Apple dan Samsung, telah menjadi berita utama saat ini. Meski banyak pro-kontra tentang kehadiran dan banyaknya kejadian positif dan negatif dari kehadiran dua produk ini. Namun, kami rasa hal itu tidak memupus Anda untuk terpengaruh melihat lebih dalam perbandingan iPhone 7 Plus dan Galaxy Note 7 secara menyeluruh.

Meski Anda tidak terpengaruh untuk membeli salah satu dari dua produk andalan tersebut. Namun, kami rasa perbandingan iPhone 7 Plus dan Galaxy Note 7 patut Anda lihat. Setidaknya, dari perbandingan kedua produk yang dihadirkan ini bisa memberikan pencerahan, mengapa ponsel premium ini begitu mahal dan begitu menjadi berita yang kian panas.

Berikut perbandingan iPhone 7 Plus dan Galaxy Note 7 sebagai produk terpanas tahun ini.

Desain

Tidak ada sesuatu yang bisa menutupi desain bongsor dari iPhone 7 Plus saat ini, bahkan bila dibandingkan rivalnya Galaxy Note 7. Produk kembangan Apple ini memiliki dimensi dan lekuk tubuh yang lebih besar dari pesaingnya, bahkan terasa lebih berat. Namun demikian, kabarnya bobot itu dikarenakan adanya kapasitas baterai yang lebih besar serta penempatan dua kamera yang digunakan. Tetapi, secara keseluruhan kedua produk ini hadir dalam desain yang sama, unibodi.

Dimensi iPhone 7 Plus      : 158 x 78x 7.3mm dan bobot berat bodi mencapai 188gram

Dimensi Galaxy Note 7   : 154 x 74 x 7.9mm dengan bobot berat mencapai 168gram

Samsung Galaxy Note 7

Layar

Meski hadir dengan tubuh yang relatif besar dibanding pesaingnya ini, iPhone 7 Plus memiliki dimensi layar yang ternyata lebih kecil. Meski tidak berbeda jauh hanya sekitar 2,2 inci, karena secara keseluruhan ukuran layarnya adalah 5,5 inci. Selain itu juga, tak ada peningkatan teknologi layar yang ditancapkan Apple pada produk terbarunya ini, hanya IP67 yang bisa kuat bertahan dari cipratan air dan debu di luar ruangan.

Untuk Galaxy Note 7 sendiri, perusahaan menanamkan teknologi yang mampu menghadirkan resolusi layar 4K di dalamnya, serta panel QHD Super AMOLED yang selalu digunakan pada produk premium Samsung. Maka bisa dibilang wajar jika kecerahan layar yang dihadirkannya bisa lebih baik dari produk pesaingnya tersebut.

Dimensi layar iPhone 7 Plus         : 5,5 inci dengan kerapatan piksel 1.920 x 1.080, 401dpi

Dimensi layar Galaxy Note 7        : 5,7 inci dengan kerapatan piksel 2.560 x 1.440

Prosesor

Memang rasanya tidak adil bila membandingkan hal satu ini. Pasalnya, pendistribusian sistem dan tenaga prosesor tidaklah sama karena perbandingan iPhone 7 Plus dan Galaxy Note 7 memiliki sistem operasi berbeda. Pun demikian, perbedaan kental dari tenaga pacu prosesor yang dimiliki keduanya berbeda, meski beberapa sumber informasi mengutarakan bahwa tenaga pacu dari produk Apple dalam memperoses data lebih cepat 50% dibanding rivalnya tersebut.

Prosesor iPhone 7 Plus                  : Apple A10 Fusion chip quad-core 2.23GHz, 2GB RAM

Prosesor Galaxy Note 7                 : Qualcomm 2GHz quad-core Snapdragon 820 / Exynos octa-core CPU,   4GB RAM

iphone 7 camera

Fitur

Nah, kami rasa untuk perbandingan iPhone 7 Plus dan Galaxy Note 7 dari segi fitur menjadi satu hal yang patut Anda pertimbangkan. Meski hal itu juga masih bergantung pada penggunaan sistem operasi yang hadir pada kedua perangkat. Singkat saja, Galaxy Note 7 kabarnya kini akan dilengkapi dengan sistem operasi terbaru Android 6.0.1 Marshmallow. Di dalamnya, selain ada fitur terbaru dari sistem operasi tersebut, bawaan dari Samsung sendiri adalah dari keamanan. Ya, produk dari Korea Selatan ini dikabarkan akan hadir dengan membawa sistem keamanan  fingerprint atau pemindai sidik jari. Selain itu, ada juga iris scanner yang akan memindai retina mata pengguna aslinya.

Sedangkan di sisi iPhone 7, untuk keamanan adalah fingerprint dan kabarnya produk ini menjadi yang pertama hadir dengan membawa sertifikasi kamera Dual Camera. Plus menggabungkan lensa wide-angle 28mm dan lensa tele 56mm untuk memberikan 2x optik dan 10x digital zoom. Selain itu juga, kabarnya ada peningkatan asisten digital SIRI yang diungkapkan lebih presisi dari versi sebelumnya.

Sistem operasi iPhone 7 Plus       : iOS 10

Sistem operasi Galaxy Note 7      : Android 6.0.1 Marshmallow tersedia update Nougat 7.0