ArenaLTE.com – Dalam jagad dunia elektronik, nama Panasonic salah satunya kondang sebagai manufaktur baterai papan atas dunia. Dan belum lama ini perusahaan asal Jepang tersebut menggarap sebuah baterai lithium-ion (li-ion) pertama dengan ukuran sangat ramping, serta diklaim fleksibel–bisa dilipat hingga dibuat bengkok.

Temuan ini terbilang menarik, mengingat belum pernah ada baterai lithium-ion hadir dengan konsep yang begitu unik. Panasonic menjamin baterai li-ion generasi terbarunya itu memiliki daya yang besar.

Seperti dikutip dari midphone.com (29/9/2016), Panasonic menyebut baterai dapat di tekuk dan diposisikan memutar di luar standar untuk kartu pengenal (dengan  bending radius R40mm, dengan posisi memutar sudut ± 15 derajat / 85.6mm). Di atas itu, baterai ini mampu mempertahankan karakteristiknya ke dalam bentuk awalnya  bahkan setelah berulang kali ditekuk dan diputar. Hal yang sama berlaku setelah  pengisian daya sekalipun.

Ada tiga jenis ukuran baterai canggih, mulai dari yang paling kecil, sekecil kartu ATM hingga yang paling besar seukuran kartu ID. Panasonic mengungkap, baterai ini kelak dapat digunakan pada perangkat elektronik dengan fisik tipis dan ringan. Saking rampingnya, baterai tersebut memiliki ketipisan 0.55mm. Karena itu, Panasonic berharap para vendor perangkat pintar sepertismartwatch, fitness tracker, smart glasses, smart clothing dan lainnya dapat memanfaatkan baterai ini ke perangkat-perangkat terbarunya yang berbodi tipis.

Baca :
Panasonic FZ-N1, Smartphone Android Outdoor Termahal
Perkembangan Teknologi Baterai Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

Panasonic belum membeberkan kapan baterai tersebut mulai dijual ke pasaran. Yang pasti, mereka telah bermitra dengan Samsung sebagai supplier baterai terbaru pada seri smartphone terbarunya yang bisa ditekuk. Panasonic berencana untuk  membuat baterai fleksibel yang berukuran kecil dan  ramping untuk dimasukkan dalam berbagai perangkat Internet of Things (IoT).