ArenaLTE.com  – Perusahaan ponsel asal Tiongkok, Oppo akhirnya merilis seri baru Oppo Neo 7 tak lama berselang setelah mengumumkan R7s. Smartphone gres ini membidik pasar menengah dengan banderol harga sekitar 200 dolar atau IDR 2,8 juta. Untuk menjaring peminat, Oppo menyesaki Neo 7 dengan berbagai fitur andalan yang memang identik dengan segmen sasarannya.

Oppo Neo 7 dibekali dengan layar TFT LCD seluas 5 inci dengan resolusi qHD atau setara 540×960 piksel. Sebenarnya kualitas layar seperti ini lebih cocok untuk seri entry level. Tapi apa daya, Oppo mungkin punya strategi tersendiri dengan mengurangi kemampuan sektor display ini.

Prosesor quad core 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon 410 bertanggungjawab menjaga kinerja smarpthone ini. Sayangnya,Oppo Neo 7 tidak didukung kemampuan RAM memadai, perusahaan hanya meyisipkan RAM 1GB. Tapi kekecewaan mungkin sedikit terbayar karena smartphone ini sudah dilengkapi memori internal 1GB dan bisa mampu menampung memori microSD sebagai alternatif penyimpanan data.

Solusi pemangkasan biaya produksi juga lari ke sektor fotografi. Oppo Neo 7 menawaran kamera berkekuatan 8MP dengan sensor ¼ inci dan lensa aperture f/2.0.  Di bagian depan kita bisa menemukan kamera depan 5MP yang disandingkan dengan lensa f/2.4.

Oppo Neo 7 memiliki bodi berdimensi 142.7 x 71.7 x 7.6mm dan berat 141 gram. Di dalamnya, ditanamkan baterai berkapasitas 2420 mAh dibungkus di panel belakang yang memilliki tampikan rekflektif. Warna yang disediakan tak banyak varasi hanya hitam dan putih dengan  frame berwarnna perak dan emas.

Asyiknya, Oppo Neo 7 menyediakan versi yang mendukung konektivitas 3G dan 4G LTE. Keduanya pun akan dilengkapi dengan konektivitas standar seperti Bluetooth (v4.0), Wi-Fi 802.11 b/g/n dan GPS. Smartphone ini kemungkinan akan meluncur pertama kali di pasar India kemudian menyusul ke beberapa negara lain mulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika Utara.