ArenaLTE.com – OnePlus, produsen smartphone asal Tiongkok siap menambah lagi portofolio produknya. Bahkan smartphone sekuel OnePlus 2 yang sudah diluncurkan beberapa bulan lalu saja hingga saat ini masih belum beredar di pasar, mereka akan meluncurkan lagi perangkat lainnya yang lebih baru. Smartphone terbaru itu diberi label OnePlus X.
Baca: OnePlus 2 Resmi Meluncur, Inilah Spesifikasi dan Harganya

Spekulasi soal OnePlus X masih begitu gencar beredar di internet mulai dari jadwal peluncurannya sampai berbagai bocoran seputar desain hingga spesifikasi yang diusungnya. Sebelumnya, banyak yang menyebut seri ini dengan nama OnePlus Mini. Perusahaan asal Tiongkok ini sudah mengkonfirmasi jika mereka akan merilis produk baru selain OnePlus 2 yang membidik segmen berbeda. Kalangan yang lebih menyukai desain ketimbang spesifikasi, harganya pun lebih terjangkau.

Smartphone ini secara global akan diluncurkan pada tanggal 29 Oktober 2015. OnePlus India contohnya sudah mengirimkan undangan untuk even peluncuran di New Delhi. Sama halnya dengan OnePlus Indonesia. Pada undangan yang diterima ArenaLTE.com, mereka akan meluncurkan smartphone OnePlus X hari Kamis minggu depan tanggal 29 Oktober 2015 di Jakarta.
Baca: OnePlus X Segera Nongol, Andalkan Desain Stylish

oneplus-phone-fcc-fixedOnePlus-X-black-whiteSecara desain sempat muncul beberapa teaser dan bocoran yang memperlihatkan bentuk smartphone ini. Prediksi beberapa pengamat, desain belakangnya tidak terbuat dari plastik, tapi lebih cenderung berbahan kaca 2.5D. Soal daya tahan, OnePlus X memiliki bateraiberkapasitas 3000 mAh atau 2450 mAh. Akan memberikan tenaga untuk sistem operas Android 5.1.1 atau Android 6.0. Untuk konektifitas, beberapa pilihan terkini seperti USB Type-C dan NFC. Bluetooth, Wifi,, GPS dan lain-lain tentu saja sudah menjadi standar seperti biasa.

OnePlus X sendiri merupakan smartphone yang mengandalkan desain stylish. Smartphone ini bakal mengantongi layar IPS seluas 5 inci dengan resolusi 1080×1920 piksel. Artinya kerapatan pikselnya mencapai sekitar 441 ppi, dimana gambar di layar bakal terlihat detil dan tajam.

Sementara untuk bagian jeroan, OnePlus X menyusupkan chipset MediaTek MT6795 yang merupakan varian octa core 64-bit dengan prosesor berclockspeed 2.2 GHz. Ada juga yang menyebutkan jika smartphone ini akan mengusung prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801. Ditemani oleh RAM dengan kapasitas 2GB/3GB. Memori internalnya pun cukup besar dengan pilihan 16/32GB.

Kamera utama yang terletak di sektor belakang dipatri dengan kekuatan 13MP mengandalkan sensor Sony IMX 258 dengan aperture f/2.0. Mampu merekam video dengan kualitas 4K. Sementara kamera depannya hanya mengandalkan kekuatan 5MP.

Soal konektivitas, teknologi 4G LTE akan menyisip dalam OnePlus X. Smartphone ini kemungkinan dipasarkan dengan banderol sekitar 245 dolar AS atau Rp 3.430.000 (kurs 14000). Banderolnya termasuk menggiurkan jika memang dipatok di kisaran tersebut. Soal kemunculannya di Indonesia? Hmm, ada kemungkinan waktu peluncurannya sesuai dengan jadwal 29 Oktober nanti.

Comments