ArenaLTE.com – Pasar smartwacth terus berkembang dan nyatanya punya kecabangan pada gadget dengan kemampuan standalone alias berdiri sendiri tanpa harus terkoneksi ke smartphone. Dalam hal ini bisa disebut smartwatch punya kemampuan langsung menjalankan fungsi layaknya smartphone dengan pasokan sistem kerja dari sistem operasi. Seperti ditunjukkan oleh Omate yang telah merilis Omate TrueSmart+.

Vendor smartwatch yang berbasis di Hong Kong dan Shenzhen, China tersebut menjadikan sistem operasi Android Lollipop sebagai platform di jam pintar ini. Beraksi layaknya smartphone, OmateTrueSmart+ dapat melakukan fungsi telefoni, mengirim dan menerima pesan teks, dan koneksi email dengan fasilitas sambungan sendiri.

Omate TrueSmart+
Omate TrueSmart+

Omate TrueSmart+ adalah generasi smartwatch kedua yang dirilis Omate. Sebelumnya Omate TrueSmart (pertama) berhasil menggalang pendanaan senilai satu juta dollar lewat Kickstarter pada dua tahun lalu. Olah kemampuan Omate TrueSmart yang beraksi layaknya smartphone tentu tak lepas dari keberadaan fasilitas kartu SIM (Subcriber Identity Module). Dikutip dari situs Gizmag.com (22/9/2015), belum ada konfirmasi apakah jam tangan canggih ini punya kemampuan koneksi 4G LTE (Long Term Evolution) atau hanyakan sebatas 3G.

Sejatinya, Omate TrueSmart+ adalah miniature sebuah smartphone. Di bawah casing logam terdapat hardware berupa prosesor dual core 1Ghz, RAM (Random Access Memory) 1GB, dan memori internal 8GB. Sementara untuk sokongan tenaga, Omate TrueSmart+ mengusung jenis baterai 600 mAh. Seperti halnya wearable device lainnya, tak lupa disertakan sensor untuk fitness tracking dan step counting (penghitung jumlah langkah).

Smartwatch ini mengusung layar dengan ukuran 1,54 inchi (320 x 320 pixels) dengan kemampuan touchscreen. Untuk kemudahan navigasi, Omate TrueSmart+ dilengkapi user interface 3.0. Untuk saat ini, Omate TrueSmart+ ditawarkan lewat pre order hingga 31 Oktober 2015 dengan banderol US$169.