ArenaLTE.com – Produsen kamera asal Jepang Olympus resmi meluncurkan kamera compact system terbarunya seri Olympus PEN-F di Indonesia. Kamera Micro Four Thirds System ini diklaim menggabungkan teknologi digital terkini dan keahlian legendaris perusahaan selama 80 tahun di industri fotografi.

“Anda memiliki keleluasaan untuk menikmati teknik fotografi analog seperti memilih, mengembangkan, hingga mencetak film dalam format digital. Semua kecanggihan tersebut terbungkus dalam desain kamera yang memancarkan kecantikan abadi,” kata Sandy Chandra, Marketing Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), saat peluncuran di kawasan SCBD, Jakarta (26/4/2016).

Fitur Kamera Olympus PEN-F

Olympus-Pen-F-cameraOlympus PEN-F memiliki resolusi 20 megapixel dengan sensor Live MOS yang dikombinasikan dengan teknologi 5-Axis Image Stabilization dari Olympus, 2,36 juta-dot OLED viewfinder elektronik built-in, dan tombol kreatif baru yang berada di depan kamera. Fitur Creative Dial tersebut mengakses sejumlah kontrol untuk memberikan sebuah pengalaman memotret yang menawan.

Dalam hal konektivitas, kamera ini dilengkapi dengan built-in Wi-Fi, sehingga pengguna bisa terhubung secara mudah dengan smartphone. Terdapat aplikasi Olympus Image Share untuk platform Android dan Apple yang bisa diunduh ke smartphone. Dari sini, Anda bisa menyesuaikan pengaturan dan memantau progress gambar secara real time dari smartphone atau tablet.

Dari sisi teknis, sensor Live MOS 20 Megapixel serta prosesor gambar terbaru TruePic VI menghasilkan gambar menakjubkan dari lensa Zuiko Digital. Teknologi image stabilization (IS) 5-axis VCM (Voice Coil Motor) memberikan gambar bebas blur dalam berbagai kondisi. Menyediakan hingga 5 langkah shutter memberikan kinerja kompensasi berkecepatan tinggi yang menangkap gambar di malam hari dan lokasi cahaya rendah lainnya secara jelas dengan noise minim tanpa menaikkan kecepatan ISO.

PEN-F memiliki garis bodi dan siluet seperti kamera klasik yang memunculkan kesan retro. Body-nya kecil dan ringkas sehingga mudah dibawa bepergian. Bagi yang gemar bereksperimen, fitur inovatif Monochrome and Color Profile Control memberi kesempatan untuk merasakan sensasi merekam dari viewfinder sebagaimana shooting seperti jika menggunakan kamera film.

Bagi yang menyukai videografi, kamera ini memiliki fitur 4K Time Lapse Movie yang bisa menangkap hingga 999 gambar secara otomatis dengan jarak inernal dari satu gambar ke gambar lainnya tiap 24 jam.

Dengan segala kemampuan seperti itu, berapa harga Olympus PEN-F di Indonesia? Perusahaan membandrolnya dengan harga IDR 18.800.000 untuk body only. Sedangkan jika dibundling dengan lensa 17mm f1.8 menjadi IDR 21.700.000. Ada juga pilihan dengan dua lensa sekaligus yakni lensa 17mm f1.8 dan 45mm f1.8. Tentu cukup mahal jika dibandingkan dengan harga smartphone. Karena memang kamera seperti ini lebih cocok bagi yang antusias dengan fotografi. Anda tertarik?