ArenaLTE.com – Di tahun 2013, Tom Moss dan Mike Chan, dua veteran dari tim Android Google mendirikan Nextbit. Awalnya ini adalah proyek rahasia yang didedikasikan dengan visi besar menciptakan komputasi awan pertama yang mulus di beberapa perangkat. Setelah beberapa tahun menyediakan layanan berbasis cloud untuk produsen perangkat dan pengembang, mereka mengumumkan debut handset perdananya Nextbit Robin yang disebutnya sebagai smartphone lebih pintar.

Nextbit Robin diluncurkan melalui kampanye crowdfunding (pengumpulan dana) Kickstarter yang targetnya mencapai US$500.000. Namun sampai artikel ini ditulis, sudah melampaui target yakni berhasil mengumpulkan US$892.849 dari 2.359 pendukung.

Spesifikasi Nextbit Robin

Robin didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 808 dengan layar 5.2-inch 1080p, 3GB RAM, kamera belakang 13 megapixel, dan port USB Type-C. Di sektor fotografi, Nextbit membekalinya dengan kamera depan 13 MP yang diperkuat teknologi phase detection autofocus dan dual tone flash. Sedangkan kamera depan berukuran 5MP.

Sebagai smartphone generasi baru, tentu saja Nextbit Robin telah mendukung jaringan 4G LTE. Bahkan mendukung cakupan band yang cukup luas yakni LTE 1/2/3/4/5/7/8/12/17/20/28. Dukungan 4G LTE ini juga sesuai dengan visi Nextbit yang menekankan bahwa perangkat ini benar-benar cloud-first. Perangkat ini sudah menawarkan media penyimpanan internal 32GB, tetapi setelah perangkat terhubung ke cloud, jumlahnya melompat ke 100GB tanpa biaya tambahan.

Smartphone Cloud-first Nextbit Robin

Kelebihan Nextbit Robin adalah dengan cerdas bisa beradaptasi menyesuaikan kebutuhan media penyimpanan. Ponsel pintar ini secara otomatis mengoptimalkan ruang di ponsel ketika mengetahui kita membutuhkannya.

Nextbit mengintegrasikan teknologi cloud lebih dalam dengan sistem operasi Android. Dengan mempelajari aplikasi yang sering digunakan dan ruang yang dibutuhkan, Robin menyimpan semua hal yang tidak digunakan di awan. Sehingga kita bisa memiliki segalanya yang diinginkan (di cloud) dan yang benar-benar dibutuhkan (di ponsel).

Seiring waktu, Nextbit Robin juga dirancang untuk belajar tentang pola penggunaan tertentu. Juga mengoptimalkan penyimpanan lokal ponsel untuk mendukung aplikasi dan fitur yang benar-benar digunakan dengan menyimpan segala sesuatu ke awan. Ketika kita memutuskan untuk meninjau kembali beberapa foto kenangan atau menghancurkan skor game di tahun lalu, cukup tekan menu yang ada dan Robin akan membawanya kembali kepada kita. Canggih sekali bukan?

Ketersediaan dan Harga Nextbit Robin

Startup ini juga menjanjikan Nextbit Robin akan selalu berjalan pada versi terbaru dari Android. Mereka berharap generasi pertama smartphone ini akan berjalan menggunakan Marshmallow ketika dikirim ke pengguna pada awal 2016 nanti. Meski masih belum pasti apakah update versi Android Marshmallow sudah dirilis pada waktu itu. Satu hal lagi, smartphone Nextbit Robin ini akan hadir sepenuhnya unlocked. Sehingga jika memiliki preferensi tertentu dan tahu apa yang akan dilakukan, pengguna bebas untuk flash ROM Android favorit. Sangat cocok bagi pengguna yang suka ngoprek Android.

Karena proyek ini digagas dari kampanye, maka pendukung dini mendapat prioritas mendapatkan Nextbit Robin lebih dulu. Ketika ditelusuri di website Kickstarter, kita bisa memberi donasi sekaligus memesan Nextbit Robin mulai $349 dengan total donasi US$ 408. Kampanye crowdfunding akan berakhir 1 Oktober 2015. Nextbit memperkirakan pengapalan unit pertama dimulai pada Februari 2016. Untuk produksi perangkat ini, perusahaan menggandeng pabrik ponsel terkemuka Foxconn. Jadi penasaran seperti apa sejatinya wujud salah satu smartphone yang paling ditunggu-tunggu ini.