Motorola di tahun 2016 akan merilis generasi baru Moto X 2016 dengan rancangan cukup unik, yakni dilengkapinya fasilitas pipa penyalur panas.

ArenaLTE.com – Cara kerja smartphone tak ubahnya sebuah komputer mini yang didalamnya dipadati beragam hardware. Karena itu, wajar bila material bodi smartphone dirancang dari bahan yang dapat menyalurkan panas hasil emisi dari hardware. Seperti diketahui, komponen seperti prosesor chipet, layar, dan baterai kerap cepat panas bila kinerja smartphone meningkat.

Ibarat susah-susah gampang untuk mendapati material yang pas untuk bisa menyalurkan panas dengan baik. Bahan seperti magnesium alloy dan alumunium tentu cukup baik, tapi harganya cukup mahal, sementara vendor harus berjuang untuk menekan harga produksi. Nah, dikutip dari GSMArena.com, Motorola di tahun 2016 akan merilis generasi baru smartphone Moto X 2016 dengan rancangan cukup unik, yakni dilengkapinya fasilitas pipa penyalur panas.

Pipa ini menghubungkan dari area hardware ke lubang udara pada permukaan bodi, dengan begitu emisi panas dapat disalurkan. Motorola berharap adanya pipa di Moto X 2016 Next Generation ini dapat membuat chipset cepat dingin dan menghasilkan kinerja lebih baik. Adopsi pipa penyalur panas nyatanya bukan hal baru, di tahun ini ada  Microsoft Lumia 950 XL dan Sony Xperia Z5 Premium mengadopsi pendekatan yang sama untuk mengontrol overheating pada chiupet Snapdragon 810 SoC.

Tahun depan Moto X 2016 ditambah dengan Moniker (dugaan fasilitas pipa penyalur panas) kemungkinan akan digunakan untuk mendukung kinerja Snapdragon 820.Motorola mungkin akan bermain aman hanya dalam hal. Selain dari aspek termal dari desain, gambar mengungkapkan sisi dalam dari unibody logam pada Motorola Moto X 2016.