ArenaLTE.com – Microsoft baru saja membuka selubung produk baru mereka Nokia 230 dan Nokia 230 Dual SIM. Feature phone terbaru ini mengandalkan bodi berbahan aluminium dan tentu saja harga jual yang super murah. Sekilas, seri ini seperti membawa kita kembali ke masa-masa awal ponsel mulai berjaya. Candybar, kecil dan hanya berisi fitur dasar ditambah beberapa atribut pelengkap seperti kamera dan radio FM.

Langkah Microsoft menelurkan feature phone sendiri aga sedikit di luar kelaziman. Pasalnya, saat ini smartphone tengah merajalela dan mulai menjadi pilihan masyarakat. Bahkan, hanya segelintir vendor yang masih mau merilis feature phone, sebagian besar lebih tertarik memproduksi smartphone meski persaingannya sangat ketat.

Entahlah. Pastinya, Nokia 230 adalah ponsel yang menawarkan layar seluas 2.8 inci dengan resolusi 240×320 piksel (QVGA). Buat yang pernah mengalami jaman kejayaan feature phone, bakal sangat familiar dengan bentuk dan layar kecil yang disuguhkan seri ini. Tapi generasi sekarang yang baru ‘ngeh’ kalau ada ponsel seperti Nokia 230 dijamin akan terheran-heran melihatnya.

Ponsel ini mengantongi 16MB RAM yang cukup buat Series 30+ menjalankan Opera Mini, Bing Search dan MSN Weather. Tidak tersedia memori internal, jadi buat menyimpan MP3 dalam ponsel ini kamu harus menyisipkan terlebih dulu kartu microSD.

Nokia 230 menanamkan kamera berkekuatan 2MP di sektor belakang, bisa menjepret foto dengan resolusi 1600×1200 piksel dan merekam video 240p pada 15fps. Kamera ini didukung dengan lampu flash. Oh ya, ponsel ini juga memiliki kamera depan 2MP yang juga bisa merekam video VGA.
Baca juga: Pre Order Microsoft Lumia 950 Hadirkan Bonus Melimpah

Tersedia konektivitas yang benar-benar basic yakni dual band GSM 900/1800 MHz serta Bluetooth 3.0. Nokia 230 juga menanamkan radio FM untuk menambah hiburan buat penggunanya. Port micro USB bisa dipakai untuk mengecas ditambah port audio 3.5mm.

Nokia 230 memiliki dimensi 124.6 x 53.4 x 10.9mm dan berat 91.8g gram. Terbuat dari bahan polikarbonat yang diberi sentuhan aluminium di bagian back cover. Ponsel dengan baterai berkapasitas 1200 mAH ini menawarkan dua versi single SIM dan dual SIM. Harga Nokia 230 dipatok sekitar 55 dolar AS atau IDR 550 ribu (kurs 10.000) dan mulai tersedia Desember nanti. Sulit dipastikan apakah seri ini masuk ke Indonesia atau tidak.