ArenaLTE.com – Saat Anda berada di lokasi terpencil nan jauh dari sumber listrik, maka charger dengan basis energi sinar matahari (solar chargers) bisa menjadi solusi mujarab. Ditambah solar chargers juga terbilang akrab lingkungan dengan mengandalkan energi terbarukan. Meski begitu solar chargers punya kelamahan mendasar, yakni kekuatan pasokan listrik yang dihasilkannya amat bergantung pada pancaran intensitas sinar matahari di siang hari. Sehingga dibutuhkan Micro Wind Turbin yang bisa memanfaatkan tenaga alam lainnya.

Melihat dari kasus diatas, kreator dan desaner inovasi yang bernama Nils Ferber memperkenalkan charger untuk smartphone yang disebut Micro Wind Turbin. Sesuai namanya, perangkat ini bekerja layaknya turbin dalam ukuran mini untuk menghimpun energi listrik yang berasal dari pola gerakan angin yang tertangkap di layar.

Dikutip dari Gizmag.com (12/8/2016), gagasan pembuatan turbin angin ini datang sekitar bulan Maret lalu, latarnya sebagai akibat akibat Ferber yang kehilangan sumber energi smartphone-nya saat melalui lintasan panjang saat melakukan pendakian gunung. Dari tanya pendapat sana sini, dan mendapat saran dari banyak kalangan pendaki gunung dan pencinta alam, maka lahilah Micro Wind Turbin yang rampung pada bulan Juni lalu. Nils Ferber sendiri menciptakan turbin angin ini sebagai syarat mendapat gelar Master dalam desain produk di Ecole cantonale d’art Lausanne (ECAL).

micro wind turbin

Prototipe turbin angin karya Ferber kini telah rampung, namun dari segi berat, ukuran, dan fleksibilitas dalam penggunaan, semua masih harus diperbaiki lagi jika nantinya akan masuk tahap komersial. Secara umum turbin angin pengisi smartphone ini punya berat total 1 kg, dan dalam proyek selanjutnya bobot akan dikurangi sampai 40 persen. Soal fleksibilitas, Ferber yakin dengan melakukan modifikasi perangkat dapat digelar dalam hitungan detik, terutama pada setting poros teleskopik.

Karena mengusung basis turbin angin, energi yang dihasil berasal dari faktor kecepatan angin. Turbin angin ini dapat menghasilkan output konstan sebesar 5 watt jika angin bertiup 18 kilometer per jam. Energi yang dihasilkan disalurkan untuk mengisi baterai pada smartphone lewat media USB. Perangkat konsol Micro Wind Turbin juga dapat menyimpan energi sampai 24 Wh pada battery pack. Rencananya Nils Ferber akan memperkenalkan solusinya dalam ajang Dubai Design Week pada 24 Oktober mendatang.