ArenaLTE.com – Vendor asal Tiongkok sepertinya tak pernah kehabisan stok produk baru. Kali ini giliran Meizu yang merilis andalan paling anyar mereka yang dilabel m3s. Meski begitu patut dicatat kalau seri ini adalah versi minor upgrade dari Meizu m3 yang sudah pernah meluncur duluan. Jadi tak banyak perubahan berarti yang bakal ditemukan dalam Meizu m3s.

Pertama kita bahas dulu beberapa kesamaan yang menonjol. Meizu m3s ini identik dengan m3 dalam hal display. Ponsel ini mengantongi layar seluas 5 inci pada resolusi HD 720p. Nah, bagian panelnya dibungkus dengan kaca 2.5D yang membuat tampilan jadi terlihat cembung dan mewah. Soal layar ini, Meizu mengklaim jika m3s punya kontras rasio 1000:1 dan kecerahan mencapai 380 nits.

meizu_m3sSoal komputasi, Meizu m3s disuplai chipset dari Mediatek dengan kode MT6750 alias masih tetap sama dengan versi lawas (m3). Dapur pacu ini berbasis inti octa core Cortex-A53 dengan konfigurasi 4×1.5Gz dan 4×1.0GHz. Sementara pengolah grafis yang terpasang adalah Mali-T860 berfungsi menjaga kualitas gambar yang terpampang di display.

Seri ini menyuguhkan dua pilihan yang terdiri dari kombinasi RAM dan memori internal berbeda. Varian pertama hadir dalam RAM 2GB dan memori internal 16GB. Sementara versi lebih mumpuni punya RAM3GB serta memori internal 32GB. Masing-masing tetap menyediakan slot microSD sebagai pilihan ekspansi ruang penyimpanan data.

Sektor kamera mengalami peningkatan dari versi basic dengan kekuatan kamera yang diusung mencapai resolusi 13MP. Dilengkapi dukungan seperti aperture f/2.2, dual-tone dual-LED flash dan phase detection autofocus (PDAF). Di bagian depan terselip kamera selfie 5MP.

Meizu m3s mengusung bodi metal yang berdimensi 141.9 x 69.9 x 8.3mm dan berat 138 gram alias sedikit lebih bongsor dari Meizu m3. Baterainya juga lebih besar lho dengan kapasitas sekitar 3020mAh. Mengalami pembengkakan kapasitas sekitar 150mAh. Lumayan sih.

Di Tiongkok, seri ini mendukung jaringan yang cukup lengkap mulai dari 4G TD-LTE dan FDD-LTE. Tak ketinggalan juga dukungan terhadap jaringan generasi sebelumnya seperti 2G dan 3G. Soal konektivitas, Meizu m3s menyokong Wi-Fi  802.11 a / b / g / n wireless network , mendukung band 5GHz dan 2.4GHz, Bluetooth 4.0,  A-GPS hingga GLONASS.

Sayang, smartphone ini masih memakai sistem operasi lama Android 5.1 yang disokong Flyme OS. Versi basic (2GB/16GB)  mengusung harga sekitar 700 yuan atau IDR 1,4 jutaan (kurs 2000). Sementara versi lebih mutakhir (3GB/32GB) menyuguhkan harga 900 yuan atau UDR 1,8 juta.

Tapi masih diragukan apakah seri 4G LTE ini bakal masuk Indonesia. Seperti diketahui sang vendor sebenarnya sempat menjajaki pasar negeri ini, meski hingga kini tak begitu terdengar lagi gaungnya.