Hadirkan Layanan Email Marketing, Startup "MailTarget" Bidik Pebisnis UKM

ArenaLTE.com - Di tengah gempuran media sosial, email masih dianggap sebagai media pemasaran paling efektif. Hal itu dikarenakan email mampu menyampaikan pesan secara langsung kepada orang yang dituju tanpa memberikan kesan penyampaian pesan secara massal. Selain itu, tools yang digunakan untuk melakukan pemasaran melalui email pun sudah mulai bermunculan salah satu diantaranya adalah MailTarget.

Startup ini didirikan oleh Yopie Suryadi yang sebelumnya dikenal menggawangi sejumlah startup seperti Gopego, GDILab, dan Gnews. Setelah startup terakhir yang dibesutnya yaitu Gnews tutup usia, Yopie memiliki ide untuk mendirikan startup yang menghasilkan tools untuk memberikan suatu layanan berupa email marketing dan email automation dengan kualitas maksimal dan harga yang jauh lebih terjangkau.

Ia memberikan penjelasan dengan berdasarkan data-data yang ditemukan menunjukkan bahwa email menjadi salah satu elemen terpenting dalam dunia bisnis saat ini. Menurutnya, email marketing menjadi media pemasaran paling tua dan sudah terbukti efektif di dalam dunia marketing.

Tampilan dashboard MailTarget Tampilan dashboard MailTarget[/caption]

"Rata-rata orang membaca email dengan total waktu 6 jam dalam sehari. Kami pun tak sembarangan dalam membangun MailTarget. Produk dan bisnisnya sudah matang. Selain itu kami juga melihat bahwa para pemain startup lokal di bidang marketing automation masih sedikit. Kami tentu tak ingin melewatkan kesempatan tersebut,” kata Yopie kepada ArenaLTE via email.

Fitur Andalan MailTarget


MailTarget merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang Software as a Service, yang berarti langsung dapat digunakan (siap terap) dengan model berlangganan. Aplikasi web berbasis cloud computing ini menawarkan berbagai keuntungan kepada pengguna, seperti adanya fitur yang handal dan akan semakin mempermudah pekerjaan para pengguna. Selain itu, MailTarget juga menyediakan free version untuk para pebisnis UKM yang memiliki budget sangat terbatas.

Untuk menghadapi persaingan baik dari dalam maupun luar negeri, MailTarget memiliki fitur-fitur unggulan yang akan memberikan experience berbeda jika dibandingkan  dengan menggunakan email marketing software lainnya. Di antaranya adalah memungkinkan pengguna membuat desain email khusus untuk dikirimkan kepada para pelanggan, serta dapat mengakses reporting tools yang komprehensif. Selain itu, juga memiliki fitur unggulan berupa pelabelan dan lokasi.

Adanya contact management dan email automation dengan menggunakan sistem pelabelan akan memudahkan para pengguna dalam melakukan segmentasi para pelanggan. Para pengguna dapat melakukan pelabelan kepada para pelanggannya dengan lebih spesifik lagi. Sehingga, diharapkan para pengguna MailTarget dapat semakin dipermudah dan tidak perlu lagi merasa bingung akan mengirimkan email kepada siapa saja.

MailTarget juga akan memberikan laporan berdasarkan respon para pelanggan kepada para pengguna. Selain itu, para pengguna akan mendapatkan informasi berupa lokasi (negara dan kota) dari para pelanggannya masing-masing. Tentu saja hal itu akan sangat menguntungkan bagi para pebisnis, sehingga mereka dapat melakukan pengelompokkan para pelanggan yang lebih spesifik sesuai dengan lokasi dari para pelanggan tersebut.

Target pengguna yang dituju adalah para pebisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). "MailTarget sebagai pelaku startup telah berkomitmen untuk menghasilkan suatu produk yang dapat memberikan kemudahan dan bermanfaat bagi banyak orang," pungkas Yopie. 

Leave a Comment