ArenaLTE.com – Keyboard Full Qwerty bukan barang baru lagi dalam jagat aksesoris smartphone dan tablet. Perangkat optional ini sudah sejak lama dijajakan sebagai pilihan favorit untuk para kaum pekerja yang mobile. Meski terkesan agak telat, LG Electronics belum lama ini telah merilis full size keyboard lipat yang diberi label LG Rolly Keyboard dengan kode KBB 700.

Meski secara fungsi bukan sesuatu yang baru, LG Rolly Keyboard mengadopsi desain yang revolusioner, yakni berbentuk empat lipatan yang dapat digulung menjadi sebuah ‘tongkat’ mini. LG pun menggadang aksesoris terbarunya ini sebagai perangkat yang ergonomis, pasalnya keyboard lipat ini sangat mudah dimasukkan ke dalam saku celana.

Seperti terlihat dalam foto, LG Rolly Keyboard ini mencitrakan rangkaian tuts yang kontras. Saat dikombinasikan dengan smartphone, keyboard akan berlaku secara flip-out. Untuk menjamin kenyamanan saat pengetikan, tiap tuts dirancang dengan bentang 17 mm, hampir sama dengan ukuran tuts keyboard desktop yang rata-rata 18 mm.

Jalur koneksi LG Rolly Keyboard mengandalkan teknologi Bluetooth 3.0 auto pairing. Pengguna dapat mengalihkan koneksi keyboard antara dua perangkat dengan menekan salah satu tombol shortcut yang tersedia. Untuk sumber tenaga, keyboard lipat ini hanya menggunakan satu buah baterai AAA. Soal daya tahan baterai, LG menjamin baterai dapat optimal digunakan selama tiga bulan pemakaian standar. Dalam beberapa hal, sebenarnya lebih menguntungkan jika keyboard ini menggunakan sumber tenaga baterai lithium ion yang dapat diisi ulang.

Dikutip dari Cellular-news.com (31/8/2015), Seo Young-jae, Vice President in Charge of Innovative Personal Devices at LG Electronics Mobile mengungkapkan, “LG Rolly Keyboard adalah salah satu dari sekian jenis perangkat input premium kita yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang karena kami ingin memperluas pasar aksesoris.” Komentar tersebut menyiratkan bahwa LG akan menawarkan beberapa varian keyboard untuk segmen smartphone.

Dari segi material, full size keyboard besutan LG ini terbuat dari bahan durable polycarbonate dan plastik ABS yang tahan pada benturan.  LG Rolly Keyboard rencananya akan resmi diluncurkan pada bulan ini di AS, kemudian diikuti oleh pasar-pasar utama di Eropa, Amerika Latin dan Asia pada kuartal keempat. Belum ada informasi terkait harga produk ini. (bda)

Comments