ArenaLTE.com – Akhirnya perpisahan dengan Motorola terjadi juga, seiring dengan kemunculan resmi seri baru di keluarga Lenovo Moto. Menariknya, suksesor di keluarga Moto G (3rd gen) ini ternyata tak muncul sendirian. Adalah Lenovo Moto G4, Moto G4 Plus dan Moto G4 Play yang siap mengeroyok para pesaingnya di pasaran.

Lenovo Moto G4 PlayBerbeda dengan generasi kedua dan ketiga, ukuran layar keluarga Lenovo Moto tumbuh membesar menjadi 5,5 inci. Resolusinya pun mengalami peningkatn menjadi setara full HD 1080p. Tak hanya itu, sang vendor mendongkrak kemampuan smarpthone menjadi dua kali lipat berkat suntikan chipset Snapdragon kelas atas dan memori yang semakin mumpuni. Oh ya, keluarga ini sudah memiliki jaringan internet 4G LTE sebagai andalannya.

Lenovo Moto G4 Plus

Lenovo Moto G4 PlusSesuai dengan embel-embelnya yakni ‘Plus’, smartphone ini memiliki spesifikasi tinggi. Lenovo Moto G4 Plus menempati eselon tertinggi dari segmen kelas menengah. Layar seluas 5,5 inci yang dibenamkan dalam smartphone ini punya resolusi 1080p dengan proteksi Gorilla Glass 3. Tak terlalu mengecewakan dan siap diadu dengan rivalnya di kelas menengah.

Lenovo Moto G4 Plus mengantongi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Pada bagian bawah layar sentuh terdapat tombol yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Fasilitas ini hanya bisa ditemukan dalam model Plus karena di versi regular tak tersedia. Sensor ini bisa membuka ponsel hanya dalam hitungan 750ms.

Moto G4 Plus mematri kamera 16MP dengan dukungan hybrid focus (Laser + phase detection) dan bisa merekam video 1080p. Kamera ini menggunakan sensor OmniVision PureCell Plus dengan 1.3µm piksel dan aperture f /2.0. Di dalamnya, kalian akan menemukan mode Pro dengan kontrol manual. Sementara kamera selfienya berbasis sensor 5MP dengan lenss wide angle 84 derajat.

Chipset yang terbenam dalam handset ini adalah besutan Qualcomm yakni Snapdragon 617. Memiliki delapan inti Cortex-A53 yang berkecepatan 1.5GHz. Sebagai pendukung di sektor grafis, dibenamkan GPU Adreno 405. Model teratas didukung RAM 4GB dan ROM 64GB, sementara versi lain tersedia dalam RAM 2GB/16GB dan RAM 3GB/32GB. Buat menambah memori terdapat slot microSD.

Smartphone ini punya baterai berkekuatan 3000mAh dan mendukung fitur fast charging. Tapi hanya Moto G4 Plus yang memiliki Turbo Charger dalam box. Dengan mengecas selama 15 menit, ponsel bisa bertahan selama 6 jam.

Lenovo Moto G4 Plus bisa ditemukan di Amazon dengan banderol sekitar 200 dolar AS untuk seri standar 16GB sementara versi 32GB dipatok sekitar 225 dolar AS.

Lenovo Moto G4

Lenovo Moto G4Lenovo Moto G4 memiliki spesifikasi dan fitur yang tak jauh berbeda dengan versi ‘Plus’. Memiliki Punya layar seluas 5,5 inci dengan resolusi 1080p, chipset Snapdragon 617 dan baterai 3000mAh dengan dukungan fitur fast charging. Seri ini juga menawarkan pilihan ROM 16GB dan 32GB sementara RAM hanya tertahan di 2GB. Sementara buat menambah kapasitas, kita bisa menancapkan microSD dalam slot yang sudah tersedia.

Kamera yang tertanam dalam Moto G4 kualitasnya sekelas generasi terdahulu yakni 13MP dengan kemampuan rekam video 1080p. Di sektor depan, sang vendor mematri kamera selfie yang memiliki kekuatan 5MP.  Harap diingat kalau smartphone ini tidak memiliki sensor sidik jari.

Lenovo Moto G4 Play

Lenovo Moto G4 Play 2Nah, selain dua saudaranya yang muncul duluan, ternyata menyusul seri selanjutnya di keluarga ini yakni Lenovo Moto G4 Play. Tapi sedikit berbeda karena Moto G4 Play menawarkan layar seluas 5 inci pada resolusi 720p.

Seri berbasis Android 60 Marshmallow ini hanya mengantongi dapur pacu Qualcomm Snapdragon 410 yang ditemani RAM 2GB. Sebagai informasi, chipset ini hanya mengandalkan CPU quad core Cortex-A53 yang berclockspeed 1.4GHz serta ditemani pengolah grafis Adreno 306.

Di sektor kamera, Lenovo Moto G4 Play menyuguhkan kamera dengan sensor 8MP di belaang bodi dan kamera selfie wide angle berkekuatan 5MP di depan. Memori internal buat penyimpanan data hanya menyediakan space 16GB. Baterainya pun tak terlalu besar hanya 2800mAh. Tapi buat internetan, seri ini cukup sigap karena disokong jaringan 4G LTE Cat. 4 dan dual SIM card.