Layani Arus Balik, Telkomsel Siaga 4G LTE di Exit Tol Brebes Timur

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Telkomsel terus bersiaga untuk menjamin kualitas layanan komunikasi pada arus balik Lebaran 2016 yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Minggu (10/7). Telkomsel siap melayani area-area yang menjadi titik keramaian arus balik lebaran 2016 melalui posko pemantauan jaringan dan para petugasnya yang beroperasi selama 24 jam. Hal ini untuk memastikan agar kenyamanan dan kualitas layanan bagi para pelanggan dalam berkomunikasi tetap terjaga ketika melakukan perjalanan panjang.


Penyiagaan jaringan yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum periode mudik Lebaran difokuskan di area-area jalur balik utama yang dilalui para pemudik seperti Jawa Tengah, Jawa Barat serta di lokasi-lokasi tempat berkumpulnya para pemudik, di antaranya bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan (BTSP).

Di titik-titik yang sebelumnya mengalami kenaikan trafik yang cukup signifikan saat momen mudik dan lebaran seperti di exit tol Brebes Timur, exit tol Pejagan, dan Terminal Wates (Yogyakarta) Telkomsel terus memantau terjaganya kualitas jaringan. Bahkan di wilayah exit tol Brebes Timur, Telkomsel menyiapkan tambahan 13 BTS 4G untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan menggunakan layanan data.

Dari sisi pelayanan pelanggan, tidak lupa sebanyak 809 Posko Siaga hadir di jalur mudik, BTSP, dan lokasi wisata yang siap melayani kebutuhan komunikasi pelanggan. Untuk arus balik, posko utama Telkomsel berada di tol Cikampek arah Jakarta, yaitu KM 62 dan KM 42 yang akan melayani pemudik yang melakukan perjalanan panjang. Di posko-posko tersebut, selain menyediakan pulsa dan paket Internet, pemudik juga dapat melakukan migrasi simcard 4G dan aktivasi TCASH. Tentunya di lokasi-lokasi tersebut ketersediaan kapasitas jaringan terus dipantau ketat, agar pelanggan dapat terus ber-Internetan.

Hasil pemantauan di H+2 Lebaran memperlihatkan adanya kenaikan trafk layanan data di Rest Area yang mengarah ke Jakarta, dengan rata-rata naik sekitar 40%. Kenaikan tertinggi di jalur Timur, terjadi di Tol Cipularang Rest Area KM72B, sebesar 56%, sementara di jalur Barat Kenaikan tertinggi berada di Tol Merak Rest Area KM45, yakni sebesar 49%.

Layanan data memang merupakan layanan dengan kenaikan trafik yang paling tinggi selama momen lebaran, dimana kenaikan tercatat sebesar 78% (dibandingkan tahun 2015) menjadi sekitar 2.700 TB (Terabyte) saat malam takbiran. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17%.

Secara umum pada periode libur Lebaran pelanggan memanfaatkan layanan data untuk mencari informasi dengan web browsing, mengunggah foto dan status ke media sosial, berkomunikasi menggunakan pesan instan, serta menikmati hiburan lewat video streaming dan online games.

Secara kualitas, tingkat keberhasilan untuk delivery layanan komunikasi juga secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kesuksesan layanan data dan SMS mencapai lebih dari 99%, sementara tingkat kesuksesan layanan suara di atas 98%. Hadirnya 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di titik-titik yang membutuhkan tambahan kapasitas jaringan juga meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di momen Lebaran tahun ini, sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, diantaranya dengan membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS. Selain itu, Telkomsel juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC).

Leave a Comment