ArenaLTE.com – Inisiatif Android One yang digeber oleh Google untuk membawa smartphone berharga terjangkau ke pasar negara berkembang mulai memasuki generasi kedua. Kali ini, smartphone yang muncul membawa hardware lebih baik di rentang harga terjangkau. Nah, Lava Pixel V1 baru saja resmi diungkap sebagai seri Android One generasi kedua. Seperti apa yang spesifikasi dan harganya?

Bisa dibilang Lava Pixel V1 adalah unit perdana dari smartphone Android One generasi kedua yang diinisiasi oleh Google. Buat yang belum mengenal Android One, program ini adalah inisiatif Google menghadirkan ponsel entry level yang didukung fitur memadai dengan berbagai nilai tambah. Targetnya adalah konsumen di negara berkembang.

lava pixel v1 2

Hardware perangkat Android One dikembangkan oleh produsen smartphone menggunakan standar dan desain yang disyaratkan oleh Google. Pemasaran dari device ini juga menjadi tugas Google dimana mereka berharap setelah seseorang membeli handset Android One maka mereka akan bertahan selama mungkin memakainya. Handset ini didukung update berkala selama dua tahun.

Lantas bagaimana dengan generasi keduanya? Mari kita tengok Lava Pixel V1. Smartphone ini mengandalkan layar sentuh seluas 5,5 inci resolusi HD 720p. Kombinasi ini menjadikan tampilannya cukup tajam dengan kerapatan piksel 267 ppi.

Lava-Android-OneUntuk melindungi layar sentuhnya tersebut, sang vendor melapisinya dengan DragonTail besutan Asahi. Kemampuannya hampir seperti Gorilla Glass dari Corning yang bisa menahan layar dari goresan dan tekanan pada level tertentu.

Handset ini dibekali prosesor Mediatek MT6582 berclockspeed 1.3Ghz dan pengolah grafis Mali-400MP2 berkecepatan 500MHz. Untuk meningkatkan kinerjanya ditandem dengan RAM 2GB serta memori internal 32GB. Secara kinerja tak bisa dianggap enteng lho, mampu menjalankan aktivitas multi tasking serta dipakai bermain game kasual secara efektif.

Sektor belakang memiliki kamera utama berkekuatan 13MP dengan sensor BSI, aperture f/2.0 ditambah dengan LED flash. Bisa dipakai merekam video setara full HD 1080p. Sementara pada bagian depan perusahaan mematri kamera depan yang resolusinya 5MP,aperture f/2.4, plus lensa 4 elemen untuk membantu menginterpolasi gambar dalam resolusi 8MP.

Sayang, sistem operasi yang dibenamkan masih versi Android 5.1.1 Lollipop. Smartphone Android One ini sudah mendapat prioritas update Android terbaru. Untuk konektivitas, smartphone ini akan mengusung Wi Fi, dual SIM card yang salah satunya bisa berjalan di atas jaringan 3G.

Lava Pixel V1 mengusung dimensi 152.1 x 76.3 x 8.5mm dan berat 135 gram serta mengemas baterai 2650mAh. Smartphone ini dipasarkan dengan banderol sekitar 177 dolar AS atau setara dengan IDR 2.478.000 (kurs 14000) untuk India. Hmm, belum memenuhi ekspektasi, lantaran saya pikir harga jualnya di kisaran sejutaan serta spesifikasinya benar-benar menjanjikan.