ArenaLTE.com – Keberadaan smartphone outdoor belakangan terasa semakin langka saja. Tak banyak seri outdoor yang bisa ditemukan di pasaran. Tapi baru-baru ini muncul Kyocera DuraForce XD, sebuah phablet atau smartphone tangguh berbasis Android. Memiliki bodi kokoh berotot, tahan banting dan desain yang memenuhi standar militer.

Adalah AT&T, salah satu operator telekomunikasi di Amerika Serikat yang secara resmi merilis Kyocera DuraForce XD ke pasaran. Phablet ini sendiri merupakan produk dengan layar seluas 5,7 inci yang mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, lingkungan hingga ekosistem ekstrim. Apa yang dilakukan Kyocera sebenarnya mencoba keluar dari trend saat ini membidik kalangan yang kerap berada dalam lingkungan outdoor keras di luar sana.

Kyocera Duraforce XD berbasis sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Dirancang supaya tahan berbagai kondisi dan material: jatuh, terbentur, debu, getaran dan air. Tak heran jika smartphone ini sudah memenuhi sertifikasi IP68 dan Military Standard 810G. Kyocera DuraForce XD juga didesain beroperasi di ketinggian, dalam tekanan dan kelembaban.

Buat kalangan yang kerap berada dalam lingkungan terisolasi, Kyocera DuraForce XD mendukung Enhanced Push to Talk, fitur walkie talkie yang biasa digunakan di lokasi kerja khusus. Sebuah layar dengan sensitivitas tinggi mampu merespon sentuhan lewat sarung tangan bahkan dalam kondisi basah.

Dual speaker yang dibenamkan dalam Xyocera DuraForce XD dijamin bisa menangani lingkungan yang bising semisal di area kerja bidang konstruksi. Phablet ini juga menawarkan baterai berkapasitas cukup besar 3700 mAh. Soal jeroannya, AT&T tidak merinci lebih detil. Jadi informasi seputar dapur pacu dan lain-lain masih simpang siur.

Menurut rilis dari AT&T, Kyocera DuraForce XD adalah salah satu phablet outdoor pertama berlayar besar yang mendukung 4G LTE. Tapi sampai saat ini, AT&T masih belum mengungkap seputar harga dan waktu peluncuran smartphone ini.