ArenaLTE.com – Satu dekade terakhir ini, pertumbuhan ponsel pintar melesat dengan pesatnya. Di sisi lain, penjualan komputer stagnan bahkan cenderung menurun. Perkembangan teknologi smartphone pun telah berkembang dengan sangat cepat. Bahkan spesifikasinya pun sebagian sudah melebihi PC.

Namun ada satu yang sulit untuk disaingi yaitu keyboard. Mengapa? Karena kenyamanan mengetik 10 jari masih tidak bisa dikalahkan dengan upaya mengetik 1-1 jari, baik itu berbentuk keyboard fisik maupun virtual (di atas layar). Logitech berupaya menjembatani tren mobilitas smartphone dan tablet dengan kebutuhan keyboard berkualitas. Mereka meluncuran bluetooth keyboard Logitech K480 yang mendukung tiga perangkat sekaligus dengan sistem operasi yang berbeda-beda.

Desain keyboard Logitech K480

Keyboard Logitech 480 (Foto: Hendra/ ArenaLTE)
Keyboard Logitech K480 (Foto: Hendra/ ArenaLTE)

Saya langsung tertarik begitu melihat produk ini. Pasalnya keyboard Logitech K480 terlihat sangat unik dan praktis. Dan barulah saya tahu bahwa karena keunikan desainnya ini pula, keyboard Logitech K480 berhasil menggondol penghargaan IF Design Award 2016.

Keyboard Bluetooth ini benar-benar dirancang untuk pengguna smartphone atau tablet. Terlihat dari disediakannya docking atau dudukan dengan aksen warna hijau yang cantik di bagian atas tuts keyboard yang bisa menampung hingga 3 smartphone, tergantung kebutuhan kita.

Sudut kemiringan dudukan sudah disesuaikan agar bisa memberi sudut pandang yang nyaman. Docking ini muat untuk smartphone atau tablet dengan ketebalan hingga 10.5 mm (0.4 Inch) dan lebar hingga 258 mm (10 Inch). Dengan dimensi 195mm x 11,77mm x 0,79 mm, Logitech 480 tergolong ergonomis dan keren sebagai sebuah keyboard portable.

Dijamin begitu mengeluarkannya dari tas dan menaruhnya di meja bersamaan dengan gadget Anda, mata orang di sekeliling akan meliriknya. Walau demikian, bukan berarti tanpa cela. Bobotnya yang 820 gram terasa cukup berat untuk dibawa bepergian. Kebereadaan dudukan atau docking tersebut juga membuat keyboard tidak bisa menjadi tipis. Walaupun ini terkompensasi dengan kepraktisannya.

Tak perlu membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan keyboard Logitech K480. Sebab susunan tombol sudah disesuaikan dengan gaya keyboard pada komputer  Windows maupun Mac. Tombol kontrol di bagian paling bawah menyediakan akses pintas ke fitur di sistem operasi. Petunjuk pada tombol kontrol terbagi dua. Bagian atas adalah keterangan untuk PC dengan sistem operasi Windows dan Chrome OS atau Gadget Android. Sementara di bagian bawah adalah petunjuk untuk komputer Mac OS X dan smartphone iOS.

Tombol keyboardnya empuk sehingga sangat nyaman untuk dipakai mengetik dalam waktu lama. Jika daya sudah habis, kita bisa menggantinya dengan baterai AAA sebanyak 2 buah. Lokasinya berada di bagian belakang keyboard. Namun jangan khawatir cepat habis, karena konsumsi dayanya sangat hemat sehingga bisa tahan sampai berbulan-bulan. Logitech bahkan mengklaim daya tahan baterainya sampai 2 tahun.

Kompatibilitas

LOGITECH-Keyboard-K480

Di era digital sekarang ini, seringkali kita diharuskan bekerja secara multitasking dengan banyak jenis perangkat dalam waktu bersamaan. Terlebih bagi pekerja di industri kreatif atau pebisnis jadwal pekerjaan yang padat. Bisa melakukan banyak pekerjaan di satu waktu, misalnya mengetik di komputer, membalas email dan chat di smartphone, review pekerjaan di tablet. Dengan keyboard Logitech K480 ini, kita bisa melakukan beberapa pekerjaan di perangkat berbeda tersebut tanpa perlu bergantu keyboard.

Terdapat tombol bulat Easy-Switch di bagian kiri atas yang berfungsi untuk mengalihkan modus penggunaan dari satu perangkat ke perangkat lain. Keyboard ini dapat terhubung hingga ke tiga perangkat berbeda secara bersamaan. Dalam hal kompabilitas dan konektivitas perangkat, keyboard Logitech K480 ini terbilang juara. Sembari mengetik di komputer Windows atau Mac, kira bisa beralih membalas email di tablet dan menjawab tweet di ponsel.

Tombol easy switch di Logitech K80
Tombol easy switch di Logitech K80

Keyboard Logitech K480 bekerja dengan teknologi nirkabel Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat komputer maupun smartphone dan tablet. Sistem operasi yang didukung terbilang sangat luas. Untuk komputer Windows, versi yang kompatibel adalah: Win 7, Win 8, atau yang terbaru yaitu Windows 10. Sedangkan untuk Mac kompatibel dengan Mac OS X atau versi terbaru. Bahkan sistem operasi Chrome OS juga kompatibel dengan Keyboard ini. Sementara itu untuk smartphone dan tablet, sistem operasi yang mendukung adalah untuk perangkat iPad dan iPhone dengan iOS 5 atau terbaru dan Android versi 3.2 atau di atasnya.

Tersedia 3 channel yang masing-masing bisa diisi dengan perangkat PC, Smartphone, atau Tablet melalui Bluetooth. Sebelum menghubungkan keyboard Logitech K480 ke perangkat lain, pastikan sudah menghubungkan perangkat pertama pada channel 1. Setelah terhubung, pindah ke tombol Channel 2 atau 3 dan hubungkan perangkat ke masing-masing channel tersebut.

Bagi Anda yang tertarik, keyboard Logitech K480 ini ketika diluncurkan tahun lalu harga resminya adalah IDR 689 ribu. Namun saya pantau di beberapa situs online lokal, harganya sekarang sudah di bawah IDR 500 ribu.