ArenaLTE.com – Sehari menjelang digelarnya Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Samsung “mencuri start” dengan meluncurkan flagship terbaru Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Bertempat di di CCIB Exhibition Centre Barcelona, Spanyol (21/2/2016), ajang Samsung Galaxy Unpacked dibuka oleh DJ Koh, Presiden Mobile Communications Business, Samsung Electronics, yang mengatakan keunggulan Samsung Galaxy S7 dan S7 edge yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen saat ini.

Kedua perangkat tersebut diklaim memimpin industri dengan desain halus, kamera yang lebih maju, merampingkan fungsi perangkat lunak, dan konektivitas yang tak tertandingi untuk sebuah produk, layanan dan pengalaman. “Kami berusaha untuk memberikan visi pada Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge yang mengawinkan desain elegan dengan fungsi dan memberikan pengalaman mobile mulus,” kata DJ Koh.

Desain Metal – 3D Glass Tahan Air

Dilihat sekilas, desain Samsung Galaxy S7 ini tidak mirip dengan generasi sebelumnya Galaxy S6 yang sudah memakai konsep metal premium unibody. Namun keunggulan Samsung Galaxy S7 ini dibuat lebih ergonomis dan solid dengan lengkungan yang semakin kentara. Dalam merancangnya, Samsung menggunakan proses eksklusif yang disebut 3D thermoforming. Menyatukan kaca 3D untuk kurva dengan presisi sehingga memenuhi paduan logam melengkung untuk membuat unibody yang indah mulus dan kuat. Pada bagian layar, Galaxy S7 Edge memiliki bentang layar 5,5 inch yang melengkung di kedua sisinya. Sementara S7 reguler mengusung layar 5,1 inch dan bukan lengkung.

S7 edge S7_gold_black

Keunggulan Samsung Galaxy S7 adalah tersedianya fitur Always on Display (AOD) yang memungkinkan pengguna menampilkan Time, Calender, dan Personalize, meskipun layar sedang tidak aktif. Khusus Galaxy S7 Edge terdapat tambahan fitur Edge UX untuk menampilkan lebih banyak aplikasi pada Edge screen. Dan satu hal lagi yang menarik dari sektor desain adalah Samsung akhirnya mengikuti strategi Sony Mobile dengan memberikan kemampuan tahan air dan debu. Kedua perangkat tersebut memiliki sertifikasi IP68 dengan port, termasuk port USB memiliki seal karet penutup port untuk menghindari masuknya air dan debu masuk ke dalam body ponsel.

Kamera dengan Dual Pixel

Di bagian fotografi, smartphone yang berjalan di sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow ini menyematkan kamera belakang dengan sensor beresolusi 12 Megapiksel (MP). Justru terjadi penurunan resolusi yang cukup signifikan dibanding seri Galaxy S6 yang sebesar 16 MP. Namun di seri S7 ini perusahaan memperkenalkan fitur baru Dual Pixel.

Teknologi tersebut diklaim memberikan gambar lebih terang dan tajam, bahkan dalam cahaya rendah. Dual Pixel memiliki kemampuan 100 persen phase detection pixel. Untuk diketahui, Galaxy S6 hanya dibekali 78 persen phase detection pixel.  Berkat teknologi Pixel Ganda yang revolusioner, lensa terang dengan aperture yang lebih luas, dan pixel lebih besar, kamera memiliki kecepatan rana yang lebih cepat dan autofocus lebih akurat bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Terdapat modus kamera baru Motion Panorama membawa gerakan untuk foto panorama tradisional, memberikan pengguna pengalaman visual yang lebih mendalam.

Hardware Terkini
Pada bagian dapur pacu, generasi ketujuh Galaxy S Series ini diperkuat chipset Exynos 8890 dan RAM sebesar 4GB. Hal ini membuat CPU kedua ponsel ini diklaim 30 persen lebih tangguh dan GPU 60 persen lebih baik dari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Ada juga juga pilihan chipset Qualcomm Snapdragon 820 tergantung pada kebijakan tiap pasar.

Sedangkan storage internal ada dua pilihan yaitu berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Yang menarik adalah kembalinya slot microSD untuk menambah kapasitas memori internal. Letaknya di bagian atas menyatu dengan slot untuk meletakkan SIM card. Salah satu slot tersebut bersifat hybrid yang artinya bisa membaca SIM Card maupun micro SD Card dengan kapasitas hingga 200 GB.

Pada bagian baterai, terdapat peningkatan cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya. Lantaran pada S7 baterainya berkapasitas 3.000mAh, sedangkan S7 Edge dipersenjatai baterai 3.600mAh. Bandingkan dengan Galaxy S6 yang banyak dikeluhkan konsumen boros daya dengan baterai berkapasitas 2.550mAh dan Galaxy S6 Edge 2.600mAh. Selain itu, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge menyediakan pilihan pengisian baterai dengan teknologi efisien, termasuk pengisian tanpa kabel (wireless charging).

Belum ada informasi resmi mengenai harga Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Smartphone ini rencananya akan dipasarkan secara global pada bulan Maret mendatang.