ArenaLTE.com – Tinggal menghitung hari jelang peluncuran Oppo R9 dan R9 Plus, tiba-tiba AnTuTu mendeteksi sebuah smartphone yang dicurigai R9 Plus muncul disuntik prosesor Snapdragon 652. Kemunculannya di situs benchmarking AnTuTu menambah informasi berharga seputar handset ini. Sebelumnya, listing di TEENA sudah mengungkap sebagian detil jeroannya.

Nomor model yang diberikan AnTuTu adalah R9 Plustm A mengindikasikan bahwa perangkat ini adalah varian yang lebih besar dan powerful. Listing AnTuTU tersebut mencatatkan jika Oppo R9 Plus akan ditenagai dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 652. Memang tidak segarang Snapdragon 820 tapi masih cukup menjanjikan buat dipakai di seri flagship. Soal grafis, seri ini akan dibenami GPU Adreno 510.

OPPO R9 plusOh ya, sebelumnya kami sempat memprediksi jika smartphone ini berpotensi dijejali Snapdragon 820. Entah kenapa sang vendor lebih memilih Snapdragon 652, kemungkinan terbesar karena menekan biaya produksi. Apalagi sang vendor saat ini lebih berkonsentrasi di aspek kamera, jadi Oppo mungkin saja pemangkasan kemampuan di sektor dapur pacu dialihkan ke peningkatan performa kamera.

Selain itu, bisa saja seri ini bakal dibenami inovasi baru mereka seperti teknologi fast charging paling anyar yang kemampuan lebih handal. Juga teknologi optical image stabilization untuk kamera ponsel.

Lepas dari itu, fitur lain yang tersingkap sepertinya tak jauh berbeda dengan yang sudah dirilis TENAA. Antara lain di sektor memori dimana perangkat ini membenamkan RAM sebesar 4GB bersama dengan penyimpanan internal sebesar 64GB. Soal layar sendiri sebenarnya AnTuTU tidak menampilkan data, tapi TENAA sudah mengkonfirmasi jika Oppo R9 Plus akan memiliki bentang layar seluas 6 inci dengan resolusi full HD 1080p.

Sektor fotografi menjadi salah satu bagian menarik yang terungkap. Oppo R9 Plus berpotensi mengusung kamera depan dengan resolusi 16MP di sektor depan yang tentu saja cukup sangar jika menjadi kenyataan. Kemampuan ini juga ternyata setara dengan kamera belakang (utama) yang juga dibekali sensor 16MP.

Tapi ada sedikit ganjalan dari smartphone yang muncul di AnTuTu ini. Tercatat jika sistem operasi yang dipakai masih Android 5.1.1. Untuk seri flagship 2016, rasanya sudah sedikit ketinggalan jaman. Mudah-mudahan saja, saat meluncur nanti, Oppo R9 Plus akan membenamkkan Android 6.0 Marshmallow.

Lebih jauh, dari spesifikasi yang diusung Oppo R7 Plus, AnTutu membukukan skor 70.000 yang terbilang cukup menjanjikan. Namun masih di bawah smartphone dengan prosesor deca core Helio X20 yang rata-rata skornya mencapai 85.000. Untuk baterai TENAA menyebutkan bahwa kapasitasnya 4120mAh.

Sementara dari listing TENAA, disebutkan juga jika saudaranya yang lain, Oppo R9 bakal hadir dengan prosesor octa-core Helio X10 ditemani RAM 4GB dan ROM 32GB. Di bagian belakang dibenami kamera 16MP dengan dual LED flash. Seri berlayar 5,5 inci resolusi 1080p ini memiliki baterai 2850mAh.