ArenaLTE.com – Xiaomi Redmi 3 sudah resmi diumumkan baru-baru ini sebagai salah satu smartphone terjangkau dari sang vendor. Redmi 3 mengandalkan spesifikasi kelas menengah tapi termasuk impresif jika bicara segmen yang dibidiknya. Apalagi smartphone ini juga mengusung bodi metal yang bisa-bisa membuat pengguna merek lain selevelnya gigit jari.

Xiaomi Redmi 3 adalah salah satu seri kelas tengah yang mengadopsi prosesor Snapdragon 616 dengan modem X5 LTE yang sudah mendapat update ditandem GPU Adreno 405. Tak hanya itu, RAM berkekuatan 2GB ditanamkan di papan chip smartphone ini. Guna memberikan keleluasaan di area penyimpanan, perusahaan mengimplementasikan memori internal berkapasitas 16GB yang bisa diekspansi lebih besar via microSD hingga 128GB.

xiaomi redmi 3Oh ya, Xiaomi Redmi 3 hadir dengan bentang layar 5 inci pada resolusi HD 720p. Harus dimaklumi kenapa belum full HD, karena demi menyiasati bujet produksi yang minim. Tapi tak perlu kuatir kerapatan pikselnya pun sudah cukup memuaskan kok sekitar 194 ppi.

Pada bagian belakang bodi smartphone ini, kita akan mendapati kamera dengan sensor 13MP, aperture f/2.0  didukung PDAF yang memiliki kemampuan focus cepat hanya dalam hitungan 0,1 detik. Untuk area depan, sudah duduk kamera selfie dengan resolusi 5MP.

Salah satu aspek yang cukup banyak disorot dari Xiaomi Redmi 3 adalah baterainya yang berkapasitas besar hingga 4100 mAh. Termasuk impresif karena CEO perusahaan ini berani mengklaim bahwa daya tahannya bisa mencapai dua hari untuk pemakaian normal. Apalagi smartphone ini juga sudah mendukung opsi 5V/2A fast charging.

Selain itu, keseluruhan bodi dari smartphone ini terbuat dari bahan metal yang terasa kokoh dan solid. Selain itu, desain bagian belakangnya dibuat dengan finishing berpola diamond yang cukup cantik. Xiaomi Redmi 3 menyediakan tiga pilihan warna silver, gray dan gold.

Smartphone yang mengandalkan sistem operasi Android 5.1.1 memiliki tampilan antarmuka MIUI 7. Untuk sektor konektivitas, Xiaomi Redmi 3 mendukung jaringan data 4G LTE dan menyuguhkan hybrid dua SIM slot. Bodinya memiliki ketebalan 8,5 mm dan berat di kisaran 144 gram. Harga jual Xiaomi Redmi 3 untuk pasar Tiongkok dipatok sekitar 699 yuan atau setara IDR 1.467.201 (kurs 2099) mulai 12 Januari 2016. Bisa dibeli melalui Mi.com atau Tmall.