ArenaLTE.com – Samsung Galaxy 7 yang baru resmi diperkenalkan produsen, diklaim hadir dengan beragam fitur unggulan yang lebih baik dan salah satunya adalah kamera. Meski tak dibekali dengan resolusi besar seperti pendahulunya, Galaxy S6 dengan 16MP. Namun, kamera Samsung Galaxy S7 yang hadir memiliki sensor 12MP dengan teknologi Dual Pixel diklaim mampu mempecundangi produk Apple dari seri iPhone 6S Plus.

Bukan tanpa alasan resolusi yang lebih rendah justru diklaim produsen memiliki kualitas lebih baik, pasalnya kamera Samsung Galaxy S7 hadir dengan teknologi baru yakni Dua Pixel dengan aperture f/1.7. Sehingga memungkinkan kamera untuk menyerap cahaya lebih banyak masuk ke lensa, untuk menghasilkan gambar yang lebih terang saat proses pengambilan gambar.

Kamera Samsung Galaxy S7 juga membawa sensor 1.44 micron pixel. Kapasitas yang lebih besar bila dibandingkan dengan produk sebelumnya Samsung yakni Galaxy S6, namun lebih kecil bila dibandingkan dengan Nexus 5X dan 6P.
Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Keunggulan Samsung Galaxy S7 dan S7 edge

Namun demikian, dalam konferensi pers di acara MWC 2016, yang digelar di Jerman pabrikan asal Korea Selatan ini mengklaim bahwa kamera Samsung Galaxy S7 memiliki kualitas terbaik meski resolusi yang diadopsinya lebih kecil dari pendahulunya. Hal itu diyakininya saat menampilkan sebuah gambar yang diambil dari Galaxy S7 langsung.

Hasil gambar S7

Samsung menampilkan gambar yang diambil dari Galaxy S7, sekaligus dibandingkan dengan gambar yang diambil dari iPhone 6S Plus. Kedua gambar diungkapkan memang memiliki tampilan baik. Namun gambar yang diambil dari Galaxy S7 memiliki warna gambar yang lebih terang sehingga mengalahkan kualitas foto dari Apple.

Samsung mengklaim bahwa resolusi kamera 12MP yang dimilikinya, dan kehadiran teknologi dua pixel yang ada pada Galaxy S7 mampu memberikan kemampuan 100% phase detection pixel. Teknologi ini diungkapkan adalah teknologi pixel ganda yang terbaru, sensornya pun memiliki aperture yang lebih luas terbuka dan memberikan cahaya masuk lebih banyak.

Berbeda halnya dengan iPhone 6 Plus, meski dibekali dengan kamera 12MP namun besaran aperture yang dimilikinya hanya sebesar f/2.2. Di mana semakin besar nilai aperture yang ada dalam kamera, maka akan semakin kecil sensor menerima cahaya masuk untuk mendapatkan gambar lebih terang.

Sebenarnya bukan hal yang baru iPhone sebagai bahan perbandingan. Sebelumnya, sudah banyak produsen yang berusaha mengalahkan kualitas kamera iPhone. Bertahun-tahun sejak diluncurkan pada 2007 hingga sekarang, iPhone masih menjadi tolok ukur (benchmark) kualitas sebuah smartphone. Para produsen ingin mengalahkannya dari berbagai aspek dan data di atas kertas seperti yang kemudian dipresentasikan pada peluncuran mungkin benar adanya. Tapi tak ada yang memungkiri bahwa iPhone masih menjadi salah satu smartphone terbaik, termasuk dari kemampuan kameranya, dan peminatnya kian bertambah.