ArenaLTE.com – Asus Zenfone Zoom sebenarnya diumumkan bersamaan dengan Asus Zenfone 2 awal tahun ini di CES 2015. Namun, Zenfone 2 yang kemudian menyerbu pasar lebih dulu. Sementara informasi dan keberadaan seputar Asus Zenfone Zoom seperti lenyap ditelan bumi. Baru belakangan kabar smartphone ini berhembus kembali di Tiongkok dalam keadaan sudah mengantongi sertifikasi TENAA.

asus zenfone zoomAsus Zenfone Zoom dirancang dengan bentang layar IPS LCD 5,5 inci resolusi full HD 1080p, tingkat kecerahannya 400 nits serta densitas piksel 401 ppi. Soal daya tahan, panel depan alias layar smartphone ini sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Sebelum panjang lebar mengulas kemampuan kamera, kami jelaskan lebih dulu jika Zenfone diklaim sebagai smartphone paling tipis dengan dukungan 3x optical zoom. Ketebalannya sendiri sama dengan Zenfone 2 yakni 11,95 mm. Kalian juga bisa membandingkannya dengan Samsung Galaxy K Zoom yang memiliki ketebalan 16,6 mm.

asus zenfone zoom 3Aspek kamera adalah andalan dari smartphone ini, selain didukung lensa optical zoom 3x termasuk suntikan optical image stabilization. Zenfone Zoom juga mengadopsi True Tone LED flash dan laser focus. Sensor dari kamera smartphone ini sebenarnya sama dengan Zenfone 2, berbasis teknologi PixelMaster 13MP. Bedanya lensa Zenfone Zoom memiliki aperture bervariasi mulai dari f/2.7 hingga f/4.8. Untuk urusan selfie, smartphone ini mengusung kamera depan 5MP dengan lensa wide angle.
Baca juga: Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Alternatif Baru dengan Prosesor Snapdragon 410

Prosesor quad core 64-bit Intel Atom Z3580 berclockspeed 2.3 GHz menjadi andalan di sektor dapur pacunya. Chipset ini akan ditandem dengan RAM berkapasitas besar yakni 4GB. Selanjutnya, ditanamkan ruang penyimpanan raksasa dengan space hingga 128GB dengan slot microSD yang bisa diekspansi sampai 64GB. Selain itu, baterai Asus Zenfone Zoom mengusung kapasitas 3000 mAh.

Meski detil yang disebutkan di atas masih tentatif, namun yang sudah bisa dipastikan adalah kesiapan Zenfone Zoom melenggang ke pasar. Yups, smartphone kamera ini sudah melewati sertifikasi TENAA di Tiongkok sebagai smartphone 13MP yang dilengkapi 3x optical zoom serta didukung OIS.

Beberapa informasi baru yang didapat, smartphone ini akan menyediakan versi 2GB/4GB RAM dengan pilihan ruang penyimpanan mulai dari 16GB/32GB/64GB dan 128GB. Semuanya dilengkapi slot microSD dengan kapasitas hingga 64GB.

Dengan kemunculannya di TENAA, Asus Zenfone Zoom berpotensi masuk pasar dalam waktu dekat. Apalagi pada September kemarin di ajang IFA, smartphone ini diperkenalkan ulang oleh Asus. Jika menilik informasi awal yang beredar, Asus Zenfone Zoom berpotensi dipasarkan dengan harga 399 dolar AS.

Ada beberapa kemungkinan model yang dipakai seri ini antara lain ZX550 dan Z00XSB. Asus Zenfone Zoom disinyalir mengadopsi sistem operasi Android 5.0 Lollipop lengkap bersama Zen UI. Selain itu, untuk urusan konektivitas, kita akan menikmati range lengkap mulai dari GSM, TD-SCDMA, TD-LTE, LTE FDD, WCDMA, 3G, Bluetooth, GPS dan USB.