ArenaLTE.com – Meski tahun ini kurang berhasil dalam target pengapalan smartphone, namun Xiaomi, begitu gigih meluncurkan banyak terobosan. Setelah belum lama berselang diketahui tengah memantenkan konsep drone yang dapat dikendalikan dari smartwatch. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Xiaomi mengembangkan headset virtual reality (VR) JiDome-1.

Gadget ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Xiomi dengan FiresVR, perusahaan pembuat hardware VR (virtual reality). Dikutip dari GSMarena.com JiDome -1 merupakan salah satu produk VR yang sebanding dengan Samsung Gear VR. Perusahaan pembuat JiDome-1 menyebut produknya sebagai “Xiaomi VR Cina”.

Sementara itu, produk headset VR lainnya seperti Samsung Aksesoris VR, Holo Lens, atau Oculus Rift diproduksi di Cina. Namun mereka tidak mmiliki banyak jenis karton Google “resmi” dari aksesoris VR. Ini adalah perusahaan pertama membuat produk nyata headset VR untuk Cina.

Headset VR JiDome-1 ditunjukkan dengan smartphone Xiaomi Note. Tetapi perusahaan masih harus bekerja pada kompatibilitas dengan smartphone lainnya di pasaran. Karena keterbatasan hardware dan software dengan teknologi yang digunakan, JiDome-1 hanya kompatibel dengan 30 persen dari smartphone di pasaran.

JiDome-1 dikatakan tersedia untuk pengembang pada kuartal pertama 2016. Headset Xiaomi ini menggunakan struktur optik yang mampu beradaptasi dengan ukuran layar yang berbeda. Headset ini memiliki giroskop 9-axis dan sensor jarak, kipas pendingin. Untuk saat ini harga untuk pengembang yang ingin membeli JiDome-1 adalah ¥ 199 (sekitar US$30), atau sekitar IDR 400.000.