ArenaLTE.com – Smartphone tangguh dengan kemampuan tahan air, kini menjadi fitur yang cukup populer dan dikembangkan produsen. Bahkan, tak jarang ponsel pintar yang memiliki kemampuan tersebut, menjadi nilai jual para vendor terhadap produk besutannya. Maka tak jarang harga smartphone tangguh yang ada, dibanderol lebih mahal dari ponsel pintar lainnya.

Ponsel tangguh yang telah disertifikasi oleh badan elektronik dunia, yang biasanya akan memiliki kode sandi IPX, kian berdatangan. Disesuaikan dengan dukungan fitur lainnya, seperti dukungan konektivitas 4G LTE. Ponsel pintar tangguh tersebut kini dapat dengan mudah ditemui di pasar.

Berikut beberapa jajaran smartphone tangguh terbaru dan spesifikasi yang diadopsi produsen, seperti dikutip dari beberapa sumber informasi.

Samsung Galaxy S6 Active

 

Samsung Galaxy S6 Active

Hadir dari keluarga seri flagship Samsung, seri Galaxy S6 Active memiliki kelebihan tersendiri yang disertifikasi IP68 yang menyatakan bahwa ponsel mampu bertahan dalam air 1,5 meter, selama 30 menit. Serta diklaim tetap aman meski terjatuh dari ketinggian 1,2 meter.

Samsung Galaxy S6 Active menawarkan dimensi layar 5,1 inci dengan panel Quad HD serta dapur padu dari prosesor Octa Core Exynoss 7420 kembangannya, serta memori RAM kapasitas 3 GB. Selain itu juga, ada kapasitas baterai sebesar 3.500 mAh, dengan fitur kamera resolusi 16MP bagian utama. Saat ini, Samsung diungkapkan banderol seri ini USD199 dengan sistem kontrak, sedangkan diluar kontrak dijual sekira USD649 atau sekira Rp8,5 juta.

Sony Xperia Z3+

Sony Xperia Z3+

Menyusul kesuksesan dari seri Xperia Z3, Sony Mobile klaim bahwa Z3+ kini hadir sebagai ponsel tangguh yang tahan air tertipis di dunia. Produsen mengungkapkan bahwa seri baru ini hanya memiliki dimensi ketebalan 6,9mm, serta sertifikasi IP68 seperti smartphone tangguh lainnya.

Xperia Z3+ hadir dengan dukungan prosesor Octa Core Snapdragon 810, serta memori RAM 3GB dan memori penyimpanan internal 32 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut juga masih bisa diperluas melalui slot Micro Sd yang dimilikinya. Sedangkan untuk kamera, seri baru ini hadir dengan resolusi  21MP pada bagian utama yang diklaim dapat digunakan merekam video HD di dalam air.
(Baca juga: Inilah Fitur Unggulan Sony Xperia Z3+)

Smartphone tangguh yang dibanderol USD600 atau sekira Rp8 jutaan, diungkapkan hadir dengan dimensi layar yang lebih luas dari pendahulunya 5,2 inci. Mendukung resolusi layar mencapai 5,2 inci dengan panel Quad HD atau sekira 1.440 x 2.560 piksel.

Motorola Moto G (2015)

Motorola Moto G (2015)

Meski masuk dalam jajaran ponsel menengah, namun Motorola Moto G (2015) yang baru diluncurkan ini ternyata diam-diam memiliki kemampuan digunakan pada kedalaman air 1 meter selama 30 menit. Hal tersebut dengan terbuktinya ponsel yang telah mendapatkan sertifikasi IPX7.

Moto G generasi ketiga diklaim hadir dengan menggunakan dimensi layar 5 inci dan dukungan resolusi layar HD 720p. Dilengkapi juuga dengan panel Gorilla Glass 3, serta dapur padu dari prosesor Quad Core Snapdragon 410 dan varian memori RAM kapasitas 1 dan 2 GB.

Selain dihias dengan varian kapasitas memori yang berbeda, lainnya adalah penyimpanan internal yang disajikan dalam pilihan 8 dan 16 GB. Serta fitur kamera yang diklaim hadir denga dukungan resolusi 13MP untuk kamera utama dan pada bagian depan 5 MP. Sedangkan untuk harganya, Moto G (2015) atau generasi ketiga ini dibanderol sekira USD230 atau sekira Rp3 jutaan.

CAT S40

CAT S40

CAT memang cukup dikenal di Eropa sebagai produsen yang gemar produksi smartphone tangguh, bahkan termasuk dari model lama untuk feature phone. Kali ini, ponsel pintar seri terbaru yang dihadirkannya adalah seri S40, hadir dengan membawa sistem operasi Android terbaru dalam versi 5.0 atau Lollipop. Produsen mengklaim telah mendapatkan sertifikasi IP68 yang menyatakan ketangguhan seri ini terhadap debu dan air, pada kedalaman 1,5 meter. Serta sanggup bertahan dari jatuh di ketinggian 1,8 meter tanpa cedera.

Untuk spesifikasinya, seri baru ini hadir dengan dimensi layar 4,7 inci dengan menggunakan panel LCD IPS yang diklaim akan tetap detail menampilkan warna tanpa gradasi, meski dilihat dari sudut pandang mencapai 170 derajat sekalipun.

Pada bagian dapur pacu, CAT benamkan prosesor Quad Core Snapdragon 210 dengan dukungan memori RAM kapasitas 1GB. Serta memori internal yang mencapai seluas 16GB dan dapat diperluas melalui slot Micro SD, dengan sokongan baterai mencapai 3.000 mAh. CAT S40 diungkapkan dibanderol USD439 atau sekira Rp5,7 jutaan. (bda)