ArenaLTE.comZUK, produsen asal Tiongkok yang merupakan anak perusahaan Lenovo, hari ini resmi memasuki pasar Tanah Air. Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tujuan produsen ini untuk ekspansi pasar. Smartphone perdananya, ZUK Z1 di Indonesia dijual secara ekslusif dengan situs belanja Blibli.com.

Jin Chen, Chief Marketing Officer ZUK menyebutkan bahwa sebagai brand baru, perluasan ekspansi ZUK terbilang cepat karena menggaet sejumlah mitra yang menargetkan anak muda. “Indonesia memegang peranan penting dalam strategi globalisasi dan merupakan pasar smartphone yang tinggi. Jadi kami harap produk ini bisa diterima tak hanya di Indonesia tapi juga oleh fans kami di Asia Tenggara,” ujarnya.

ZUK Z1 di Indonesia mulai dipasarkan secara eksklusif di Blibli.com seharga IDR 4.499.000. Untuk menarik minat konsumen, Blibli.com menggelar masa promosi selama 7 – 11 Desember 2015 dengan harga khusus yakni menjadi IDR 3,999 juta disertai bonus headset Senheiser. Apa saja yang menarik dari smartphone ini? Yuk simak daftar fitur unggulan Zuk Z1 yang dipasarkan di Indonesia.

ZUK-Z1
Tampilan dan Prosesor Bertenaga

ZUK Z1 memiliki layar 5,5″ beresolusi 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan 401ppi dan dukungan teknologi BrightView 450nit yang diklaim membuat layar terlihat jelas meski diterpa sinar terang. Spesifikasi ZUK Z1 di Indonesia ditunjang oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 801 yang berkecepatan 2,5 GHz Modal dapur pacu high-end ini untuk menjamin kinerja yang kuat dan dapat diandalkan. Snapdragon dikenal sebagai prosesor kelas premium yang memberikan kualitas tangkapan kamera lebih tajam, pengolahan yang lebih baik, dan hemat daya. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan RAM 3 GB, GPU Adreno 330 dan memori internal 64 GB ROM untuk menjalankan file multimedia dan 3D secara simultan dengan kecepatan yang stabil dan efisien.

Baterai Berkapasitas Besar
Daya tahan bateria yang tangguh menjadi kebutuhan pengguna smartphone. ZUK Z1 menjawab kebutuhan ini dengan membenamkan baterai berkapasitas ekstra besar yakni 4100 mAh. Dengan baterai berkapasitas jumbo ini, Z1 sanggup menyokong para pengguna smartphone yang sangat mobile agar tak perlu sering-sering mengisi ulang baterai. Bahkan, dengan dukungan fitur OTG (on the go), ponsel ini bisa difungsikan seperti Power Bank yang bisa mengisi mengisi baterai dari gadget lain hanya dengan menyambungkan USB ke ZUK Z1.

Desain Unibody
Hadir dengan desain unibody, ZUK Z1 dibalut dengan sasis aluminium kokoh yang biasa digunakan untuk membuat pesawat. Dengan material berkualitas dan desain tepi yang melengkung, ponsel ini terasa nyaman di genggaman tangan sekaligus terlihat minimalis. Sayangnya, material plastik glossy mengurangi aura premium. Akan lebih baik jika material casingnya juga memakai aluminium sebagaimana casingnya.

Kamera 13 MP dan 8 MP
Zuk-Z1-selfieBagi penggemar fotografi, ponsel ini dibekali dengan kamera depan 8 MP dan belakang 13 MP yang dilengkapi dual-LED flash dan sensor Sony IMX214 CMOS yang menghasilkan aperture f/2.0. Pengguna bisa bereksperimen dengan memanfaatkan berbagai fitur fotografi seperti Touch Fous, face detectoin, panorama, dan HDR. Sedangkan untuk urusan video, kamera ini mampu merekam video dengan kualitas sampai di resolusi Full HD saja.

Konektivitas Dual 4G
Ponsel ZUK Z1 di Indonesia mendukung koneksi Dual 4G SIM standby yang memungkinkan pengguna dapat bertukar otomatis layanan 4G LTE yang aktif dipakai, sesuai dengan kondisi jaringan operator. Smartphone ini juga mendukung jaringan global berbasis TDD-LTE maupun FDD-LTE. Sehingga bisa dipakai kemanapun pergi di seluruh dunia karena juga mendukung teknologi jaringan yang lebih rendah yaitu 3G WCDMA dan 2G (EDGE).

Sensor Sidik Jari dan Audio Dirac
Agar lebih kekinian, ZUK Z1 dilengkapi teknologi terbaru seperti sensor sidik jari FPC1155. Teknologi ini mendukung kemampuan rotasi jari 360 derajat dan memberikan waktu respon yang cepat untuk memberikan keamanan ekstra pada ponsel. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi solusi optimasi suara Dirac untuk speaker kecil yang didesain memaksimalkan potensi transduser kecil dalam mereproduksi kualitas suara lebih baik pada volume tertinggi dengan distorsi minimal.

Cyanogen OS
Smartphone milik anak perusahaan Lenovo ini dilengkapi dengan sistem operasi Cyanogen OS 12.1. Sistem operasi yang merupakan modifikasi Android ini diklaim cepat dan powerful yang disertai sejumlah fitur handal untuk meningkatkan kinerja, konsumsi daya keamanan dan privasi. Cyanogen memungkinkan personalisasi antarmuka secara mendalam di hampir semua aplikasi, termasuk wallpaper, font, ikon, boot animasi maupun aplikasi pihak ketiga.

USB 3.0 Tipe C
ZUK mengklaim produknya ini sebagai salah satu smartphone pertama di dunia yang menanamkan fitur revertible USB 3.0 tipe C (atau USB 3.1) Ini merupakan standar baru bagi port perpindahan data yang digunakan dalam industri komputer. Port ini diklaim bisa memindahkan data dengan kecepatan hingga 10 Gbps. Kabel USB Type C juga mampu mentransfer daya hingga 20 Volt dan 5 ampere ketimbang 5 Volt dan 1,8 ampere dari USB tipe sebelumnya. Dengan demikian waktu pengisian ulang baterai akan lebih cepat.