ArenaLTE.com – Akhirnya Xiaomi menyisipkan lagi satu seri baru di jajaran keluarga Redmi Note. Adalah Xiaomi Redmi Note 3 yang resmi meluncur di Tiongkok kemarin (24/11/2015). Xiaomi Redmi Note 3 adalah perangkat yang cukup menarik karena membenamkan atribut handal di beberapa area. Apa saja sih?

Satu hal yang paling jelas terlihat, Xiaomi Redmi Note 3 adalah seri pertama besutan sang perusahaan yang desainnya dirancang dari material logam. Hanya saja, meski mengusung komponen yang lebih segar dan premium, konsep desain smartphone ini masih memiliki sentuhan yang mirip pendahulunya.

Xiaomi Redmi Note 3 mengusung full aluminium unibody dengan 120-point ultra-fine double sided sandblasting dan layar berkonsep curved edge. Soal desain keseluruhan, smartphone ini mengadopsi sudut sedikit membulat agak menyerupai desain yang dimiliki Meizu.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3? Di bagian depan, smartphone ini memiliki display dilapisi Gorilla Glass dengan bentang seluas 5,5 inci resolusi full HD 1080p. Sudah cukup handal jika bicara harga jual smartphone ini. Ditanamkan juga kamera berkekuatan 5MP tepatnya di atas layar.
Baca juga: Huawei Geser Xiaomi Sebagai Merek Smartphone Teratas di China

Di bagian jantungnya, Xiaomi menanamkan chipset octa core MediaTek Helio X10 berclockspeed 2.0 GHz. Ditandemkan LPDDR3 RAM sebesar 2/3GB. Untuk versi 2GB kemungkinan akan mengandalkan memori internal 16GB. Sementara pada versi 32GB , Xiaomi Redmi Note 3 mengandalkan RAM 3GB. Smartphone ini disinyalir tidak mendukung slot microSD.

Beralih ke sektor belakang smartphone, kita akan menemukan kamera 13MP yang didukung phase detection autofocus. Di area tersebut juga sudah ditanamkan baterai berkapasitas cukup besar yakni 4000 mAh. Setidaknya, atribut ini memberikan nilai tambah buat kalangan yang kerap mengeluhkan seputar borosnya daya smartphone Android.

Tak ketinggalan dijejalkan pula fitur yang kini mulai banyak dipakai smartphone keluaran baru yakni sensor sidik jari alias fingerprint scanner. Berbentuk membulat dengan posisi di bawah kamera. Xiaomi mengklaim jika unlock dengan sensor ini hanya butuh 0,3 detik dan kita bisa memakainya untuk mobile payment.

Buat penggila internet, tak perlu terlalu kuatir karena smartphone ini didukung jaringan 4G LTE. Selain itu hadir juga dual slot SIM card untuk melengkapi kebutuhan pengguna yang memiliki banyak kartu operator. Smartphone ini juga didukung konektivitas standar seperti Wi-fi, Bluetooth, GPS dan lain-lain

Redmi-Note-3-priceSebelum resmi, banyak kalangan sempat memprediksi jika yang meluncur kali ini adalah Xiaomi Note 2 Pro. Ternyata Xiaomi merilis Redmi Note 3 yang memang berbeda secara desain.Xiaomi Redmi Note 3 datang dengan firmware terbaru MIUI 7 yang berjalan di atas OS Android 5.1..

Lalu bagaimana dengan ketersediaan smartphone ini di pasaran? Sepertinya Xiaomi Redmi Note 3 baru akan hadir di pasar Tiongkok dulu. Selanjutnya, bisa saja seri ini masuk India atau beberapa negara lain. Harga Xiaomi Redmi Note 3 versi 16GB dibanderol 140 dolar AS dan versi 32GB dipatok sekitar 172 dolar AS.