ArenaLTE.com – Pada Juni yang lalu, Huawei meluncurkan smartphone seri Y3. Ponsel pintar ini didesain khusus untuk Indonesia dengan mengusung tema batik yang terdapat pada theme dan packaging dengan desain batik. Harganya cukup murah yakni Rp800 ribuan.

Kini, Huawei mencoba memasarkan produk serupa di Inggris. Carphone Warehouse, salah satu toko ponsel terkemuka di London menyebut Huawei Y3 sebagai smartphone termurah di Inggris. Aspek harga sudah tentu jadi unggulan dari produk anyar ini. Dan memang harga Huawei Y3 ini cukup menggiurkan. Dipatok di kisaran 59,9 poundsterling dan sudah unlock tanpa SIM. Smartphone ini dikirim pada 6 November 2015 atau pembeli di Inggris bisa memperolehnya langsung ke Carphone Warehouse.

Dengan merogoh kocek tak terlalu dalam,  kita akan mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup memadai. Huawei Y3 mengandalkan layar seluas 4 inci disokong resolusi 480 x 800 piksel.  Jika menilik harganya,  display Huawei Y3 ini termasuk standar meski tentu kita mengharapkan yang lebih baik.

Buat yang doyan fotografi,  Huawei Y3 menancapkan kamera 5 MP yang ditunjang dual LED flash. Sementara untuk sektor depan smartphone ini sudah menyiapkan kamera 2 MP. Bagaimana menurut kamu,  masih oke kan?

huawei y3

Untuk dapur pacunya,  Huawei tenyata mencoba bermain-main dengan produk perusahaan baru yang tengah naik daun yakni Spreadtrum. Jadi Huawei tak memakai Kirin yang merupakan produk in-house mereka.  Juga tak memakai chipset buatan Qualcomm ataupun Mediatek. Menurut saya bisa dimaklumi,  karena Spreadtrum sekarang memang ebih konsen dengan chipset untuk produk low end. Sesuai dengan kebutuhan dan segmentasi Huawei Y3.

Adalah chipset Spreadtrum 7731 berclockspeed 1.2 GHz dengan prosesor quad core plus 512 RAM dan memori internal 4GB dipasang sebagai jeroan. Tapi jangan berharap jaringan 4G LTE,  cukup 3G untuk akses internet.  Baterai berkapasitas 1730 mAh menjadi andalan produk berbasis Android 4.4 KitKat dilapisi Emotion UI 3.0 Lite.