ArenaLTE.com – Selain drone, tren baru yang sedang diminati oleh kalangan pelaku industri adalah VR (virtual reality). Di ranah ini, beberapa perusahaan telah mengembangkan bahkan ada yang sudah memasarkan seperti Samsung, Facebook (Oculus), HTC, Sony, dan sebagianya. Huawei rupanya juga tak mau ketinggalan dengan membuat headset VR garapan sendiri. Raksasa telekomunikasi asal Tiongkok ini baru saja mengumumkan flagship P9 dan P9 Plus sebagai smartphone flagship tahun ini. Pada acara peluncuran smartphone tersebut di Shanghai, Huawei juga memperkenalkan headset VR yang disebut Huawei VR.

Sama seperti Galaxy Gear VR, Anda dapat memasukan smartphone Anda ke slot yang ada di Huawei VR. Smartphone yang kompatibel denga headset ini termasuk Huawei P9, P9 Plus, dan Huawei Mate 8. Selain menyajikan pengalaman seru secara visual, Huawei mengklaim jika headset ini sebagai yang pertama menghadirkan kualitas audio secara 360 derajat, sehingga pengalaman VR yang dihasilkan akan berbeda dan terasa lebih nyata.
Baca juga: Samsung Gear VR Berteknologi Oculus Dibanderol 1 Jutaan

huawei_vr_1-compressorUntuk mendapatkan visual dan audio latar secara 360 derajat, pengguna membutuhkan konten virtual reality dan earphone khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun perusahaan tidak menyebutkan apakah konten dan earphone termasuk dalam paket penjualan atau belum. Kendati sudah tak sabar untuk ikut meramaikan bisnis headset VR, Huawei belum membeberkan perihal harga dan tanggal peluncuran untuk headset itu.

Huawei VR punya field of view 95 derajat. Sebagai perbandingan, Samsung Gear VR memiliki FOV 96° dan support flagship terbaru yang menawarkan resolusi display QHD (1440 x 2560). Huawei VR memiliki cara kerja seperti Samsung Gear VR, cukup buka cover depan, lalu masukkan smartphone yang sudah menjalankan aplikasi VR dan tutup kembali cover. Selanjutnya perangkat wearable menyediakan beberapa tombol pengoperasian, termasuk tombol volume yang berada pada sisi kanan headset.

Dikutip dari Ubergizmo.com (17/4/2016), Di Huawei VR pengguna tidak akan bisa memakai kacamata, namun Huawei VR memiliki lensa yang dapat disesuaikan sehingga akan sangat membantu penderita miopi. Huawei VR hadir dengan banyak konten gratis, yang meliputi lebih dari 4.000 film, lebih dari 40 game, lebih dari 350 gambar panorama dan lebih dari 150 tour panorama.