ArenaLTE.com – Sudah bosan kan mendengar kabar burung seputar flagship anyar Huawei datang dari sana sini. Sekarang selesai sudah semuanya karena sang vendor akhirnya mengungkap secara resmi Huawei P9 dan P9 Plus. So, kalian bisa mengintip sendiri seperti apa spesifikasi dari smartphone yang diumumkan di sebuah event khusus di London, Inggris ini (6/4).

Sebentar saya tahan sedikit, Huawei ternyata belum memajang varian lain yang juga sempat jadi rumor yakni Huawei P9 Lite dan P9 Max. Jadi, sekarang kita berpuas diri dulu dengan dua amunisi pertamanya saja deh.

huawei P9 fixed 2Huawei P9

huawei p9 plus fixedP9 adalah flagship yang mengandalkan tampilan berukuran standar, bahkan termasuk sedikit kecil kalau bicara seri flagship. Display dari ponsel ini berbasis IPS LCD yang hanya berukuran 5,2 inci dengan resolusi ful HD 1080p. Mengusung fitur 3D Touch yang berkonsep pressure sensitivity.

Jeroannya dibenami dengan chipset besutan sendiri bernama Kiri 955, tampaknya sebuah versi modifikasi dari Kirin 950 yang ditemukan dalam Huawei Mate 8.  Disokong prosesor octa core berkecepatan 2.5GHz pada cluster yang berisi empat Cortex-A72 dan empat inti Cortex-A53 berclockspeed 1.8GHz.

Bakal tersedia dalam dua versi yakni varian dengan spesifikasi standar mengandalkan RAM 3GB dan memori internal 32GB serta varian dengan RAM 4GB plus memori internal 64GB. Tapi keduanya menyisipkan slot microSD buat ekspansi storage.

huawei p9 leicaKamera adalah andalan dari smartphone ini, selama ini dielu-elukan sebagai fitur utama. Dikembangkan bersama dengan spesialis optik asal Jerman yakni Leica, P9 memiliki dua kamera utama berkekuatan 12MP. Satu unit berfungsi untuk menangkap warna, sementara unit lain hanya bisa melihat hitam dan putih saja. Kedua unit ini berpadu untuk menghasikan gambar detil nan tajam dalam kondisi outdoor dan mampu mereduksi noise dalam kondisi minim cahaya.

Kamera tersebut memiliki lensa dengan aperture f/2.2 dengan field of view setara lensa 27mm. Autofokusnya sudah berpatokan pada kombinasi fitur laser dan kalkulasi kontras serta kedalaman. Ditanamkan dual LED flash sebagai pelengkap. Satu hal yang disayangkan, kamera ini tak didukung OIS.

Bodi Huawei P9 dirancang dari bahan aluminium seperti yang ditemukan dalam Huawei Nexus 6P. Ponsel ini menyematkan sensor sidik jari di bodi belakang dan mengantongi baterai berkapasitas 3000mAh serta menyematkan konektor USB Type-C.

Huawei P9 Plus

huawei p9 fixedP9 Plus memiliki dimensi 5,5 inci. Tapi sayangnya tidak ada peningkatan resolusi dari versi P9 meski panelnya sudah naik kelas menjadi AMOLED.  Nah, layar pressure sensitivity pada smartphone ini bernama Press Touch.

Bedanya dengan saudaranya, smartphone ini hanya menawarkan versi 4GB/64GB saja. Tapi smartphone ini sudah mengalami peningkatan dari segi kapasitas baterai menjadi 3400mAh. Dilengkapi dengan Dual-IC Rapid Charge yang diklaim bisa memberikan daya tahan hingga 6 jam talk time hanya dalam 10 menit pengecasan.

Huawei P9 Plus mempunyai speaker stereo yang bisa diatur sesuai orientasi ponsel. Artinya, kalai Huawei P9 Plus disimpan dalam posisi portrait maka bass keluar dari speaker bawah dan bagian atas menjadi treble.

Huawei P9 dibanderol seharga 599 euro untuk versi 3GB/32GB dan 649 euro untuk versi 4GB/64GB. Sementara harga Huawei P9 Plus sedikit lebih tinggi yakni sekitar 749 euro. Huawei P9 akan segera beredar mulai 16 April di 29 negara Eropa dan Timur Tengah. Sementara Huawei P9 Plus segera masuk pasar pada 20 Mei.