ArenaLTE.com – Kemarin baru saja Huawei mengumumkan secara besar-besaran dua flagship untuk 2016 yakni P9 dan P9 Plus. Kalangan yang mengira P9 Lite juga akan muncul barengan kecele deh. Akhirnya jadi  gosip tuh, kapan smartphone versi paling kecil itu meluncur. Eh, ternyata smartphone yang jadi bahan gosip malah muncul diam-diam (resmi) buat menyaingi rivalnya di kategori low budget.

Agak jauh sedikit, Huawei P9 Lite ternyata diumumkan di Rusia. Tapi sayang ketersediaan di pasar serta harga jualnya masih dipendam sendiri oleh sang vendor. Tapi ada indikasi jika ponsel tersebut akan meluncur di negara tersebut pada Juni dalam dua pilihan warna yaitu Gold dan Silver.
huawei-p9-lite-01-600x338Tapi ada sesuatu yang absen dari smartphone ini, mengacu pada dua kakaknya P9 dan P9 Plus. Yakni ketiadaan lensa ganda di bagian belakang bodinya. Yups, ternyata Huawei P9 Lite tidak memiliki fitur yang jadi andalan kedua saudaranya tersebut.

Jangan kecewa dulu, karena spesifikasi yang dibenamkan di smartphone ini sebenarnya cukup mentereng kok. Jika diperhatikan, smartphone ini terlihat identik dengan flagship tahun lalu Huawei P8. P9 Lite hadir mengantongi layar IPS dengan bentangan layar 5,2 inci pada resolusi 1080p.

Soal dapur pacunya, Huawei P9 Lite mengandalkan chipset Kirin 650 yang berbasis inti octa core. Smartphone ini menyediakan dua pilihan RAM yakni 2GB/3GB. Sementara buat memori internalnya, terdapat lahan seluas 16GB yang ditunjang slot microSD buat yang ingin menambah kapasitas sampai 128GB.

huawei P9 lite aaKamera utama Huawei P9 Lite mengandalkan kekuatan 13MP didukung  dengan LED flash tapi tanpa optical imagez stabilizer (OIS). Sementara untuk kamera depan sudah disiapkan lensa dengan resolusi 8MP.

Sistem operasi yang dipakai dalam perangkat ini adalah Android 6.0 Marshmallow. Beruntung sekali, karena dibungkus juga dengan antarmua EMUI 4.1 terbaru. Soal konektivitas, Huawei P9 Lite dilengkapi dengan 4G LTE, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS, NFC dan USB Type-C. Baterainya mengusung kapasitas 3000 mAh sehingga berpotensi lebih awet dari Huawei P8. Tertanam juga sensor sidik jari di bagian belakang bodinya.

Spesifikasi Huawei P9 Lite

Display: 5.2-inch (1920 x 1080 pixels) Full HD
Prosesor: Octa-Core Huawei Kirin 650
Memori: 2GB/3GB RAM, 16GB storage, expandable memory up to 128GB with microSD
OS: Android 6.0 (Marshmallow) with EMUI 4.1
SIM: Hybrid Dual SIM (nano+nano/microSD)
Kamera: 13MP rear camera with LED flash, 8MP front-facing camera
Fitur: Fingerprint sensor
Konektivitas: 4G LTE, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, USB Type-C
Baterai: 3,000mAh