ArenaLTE.com – Keluarga Nexus kembali mendapatkan momongan baru. Setahun setelah phablet Nexus 6 terungkap, kini muncul Huawei Nexus 6P. Alih-alih dikembangkan Motorola, ternyata Huawei yang memegang peranan penting dalam melahirkan Nexus 6P. Phablet berlayar 5,7 inci tersebut menjadi Nexus pertama yang dirancang dengan konsep unibodi bermaterial logam.

Huawei Nexus 6P dikemas dalam dimensi 159,4×77,8×7,3 mm, berarti phablet ini memiliki ketebalan 7,3 mm alias lebih tipis 3 mm dari model sebelumnya. Tapi tablet ini masih mengandalkan layar AMOLED dengan resolusi QHD (1440×2560 piksel). Sementara kameranya mengandalkan sensor 12,3 MP dengan 1.55µm dan aperture lebar F/2.0. Dibantu pula dengan dual LED flash untuk mendukung performa dalam kondisi low light. Bisa merekam video dalam resolusi 2160p.

Untuk kamera depan, Huawei Nexus 6P menyisipkan sensor berkekuatan 8MP dengan piksel 1.4µm dan aperture F/2.4. Phablet ini jelas sudah berjalan di atas platform Android 6.0 Marshmallow dan dibekali teknologi fingerprint reader untuk meningkatkan keamanan. Posisi dari pemindai sidik jari tersebut ada di belakang bodinya.

Salah satu fitur yang bisa ditemukan dalam Android Marshmallow adalah Doze yang kabarnya menjanjikan daya tahan baterai lebih baik. Ditambah lagi Huawei Nexus 6P memilki baterai berkapasitas cukup besar yakni 3450 mAh, lebih dari Nexus 6 dan Samsung Galaxy Note 5. Sayang, wireless charging belum dibenamkan.

Untuk pengecasan, phablet ini ternyata memiliki port USB Type-C yang diklaim sudah memiliki fitur fast charging. Untuk pengecasan selama 10 menit kita bisa menikmati 7 jam masa aktif. Huawei Nexus 6P dipersenjatai chipset Snapdragon 810 yang ditandemkan dengan 3GB RAM. Di bagian memori internal, perusahaan menawarkan kapasitas 128GB. Tapi tersedia pula opsi model dengan memori internal 32GB dan 64GB. Tapi phablet ini tak menyediakan slot microSD.

Harga Huawei Nexus 6P versi 32GB akan dibanderol sekitar 500 dolar AS dan tersedia di berbagai negara mulai hari ini. Untuk versi 64GB, kita harus merogoh kocek 550 dolar AS dan untuk versi 128GB harga yang ditawarkan sekitar 650 dolar AS.

Comments