ArenaLTE.com – Jika ZTE punya lini produk Nubia yang kemudian di-spin-off menjadi merek sendiri, begitupun dengan Huawei. Raksasa teknologi asal Tiongkok ini memiliki series Honor yang kemudian dipisah menjadi merek sendiri. Menyambut tahun baru 2017, mereka meluncurkan smartphone terbarunya Huawei Honor Magic yang dikemas dengan teknologi yang mendobrak tatanan industri (disruptive), dan siap memaknai ulang berbagai harapan dari sebuah ponsel canggih.

Huawei Honor Magic diklaim mencetak rekor baru dengan menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dirancang untuk memahami dan mengkaji data para pengguna agar menyajikan berbagai kegunaan interaktif yang canggih.

Didukung chipset Kirin 950 buatan Huawei, Honor Magic menampilkan layar lengkung (curved) AMOLED berukuran 5,09 inci dengan kualias resolusi 2K. Ponsel pintar ini juga hadir dalam desain penuh gaya dan ergonomis, dengan bodi 3D lengkung yang terbuat dari bahan kaca.huawei-honor-magic

Dirancang guna mendukung pengalaman pengguna seluler yang lebih intuitif, Huawei Honor Magic mengadopsi teknologi sensor dan pengenalan (recognition) termutakhir. Sensor WiseScreen membantu para pengguna untuk membuka kunci (unlock) ponselnya hanya dengan mengambil unit dan menatap layarnya.

Berkat fitur tersebut, secara otomatis, tampilan ponsel akan menjadi nonaktif dan layar akan terkunci ketika ditaruh atau ditempatkan di saku. Kegunaan pengenalan canggih FaceCode, di sisi lain, memastikan tingkat kerahasiaan secara penuh hanya dengan menampilkan notifikasi bagi wajah yang telah terdaftar sebelumnya (pre-registered).

Demi meningkatkan pengalaman pengguna, Honor Magic menggunakan sistem Honor Magic Live, yang mengantisipasi sejumlah kebutuhan para pengguna dan memfasilitasi keseharian mereka dengan menawarkan informasi lengkap yang tampil dari perkiraan (predictive information).

Sistem Honor Magic Live, misalnya, mampu merumuskan serangkaian rekomendasi khusus berdasarkan obrolan sosial para pengguna lewat aplikasi pengirim pesan singkat ( instan messaging ) – sejumlah pembahasan tentang beberapa film akan memicu rekomendasi film-film top (blockbuster).

Smart Display pada Honor Magic secara proaktif mengambil dan menampilkan informasi praktis, memperkirakan kebutuhan para pengguna. Contohnya, memesan taksi dengan Honor Magic akan memicu informasi mengenai nomor polisi pengemudi yang tampil di layar ponsel.

Di sektor fotografi, Huawei Honor Magic mengadosi konsep di Huawei P9 dengan Dual Camera 12MP (color + monochrome) walaupun tidak disebutkan apakah memakai teknologi Leica atau tidak. Lensanya memiliki aperture f/2.2 dengan lebar 1.4µm pixels. Sementara kamera depan 8MP dengan aperture F/2.0. Ponsel ini berjalan pada sistem operasi Android 6.0 dengan “Honor Magic Live OS” serta memori internal 4GB of RAM dan 64G storage.

Agar menjadi perangkat bisa menemani pengguna sepanjang waktu, Honor Magic menggunakan baterai 2.900 mAh yang dibekali Huawei Magic Power. Ini adalah yeknologi pengisian daya baterai yang cepat (speed charging) dan dikembangkan sendiri oleh Huawei. Kegunaan itu mampu mengisi kembali 70% daya baterai dalam 20 menit, dan 40$ daya baterai dalam 10 menit.

Menyasar segmen premium, Huawei Honor Magic dibanderol dengan harga CNY 3.700 atau di kisaran IDR 7 jutaan dan sudah mulai preorder di China. Belum ada informasi apakah ponsel ini akan masuk Indonesia atau tidak.

Pencapaian Honor

Perusahaan menyebut komitmennya dalam menjajaki berbagai bidang perbatasan teknologi hingga pada akhirnya bisa menghadirkan berbagai pengalaman seluler (mobile) yang luar biasa. Huawei Honor Magic dianggap menjadi contoh dari upaya tersebut, serta menandai puncak perluasan kegiatan litbang (R&D) yang dijalankan.

George Zhao, President, Honor mengatakan Honor Magic merangkum komitmen akan inovasi dan teknologi termutakhir. “Lewat peluncuran ini, kami yang bekerja di Honor ingin mengirimkan pesan kepada para penggemar di seluruh dunia bahwa kami sungguh-sungguh berdedikasi untuk menantang diri sendiri dan berniat mendobrak status quo hingga akhirnya mampu menghadirkan pengalaman internet seluler kepada mereka,” ujar Zhao.

KKiprah Honor telah meningkat jauh hanya dalam tempo tiga tahun serta tersebar di 74 negara dan wilayah hingga saat ini. Nilai omzet mencapai US$6 miliar dan ada 40 juta produk yang telah dikirimkan secara global pada 2015.

Pada 2016, Honor disebut mencatat penjualan yang memecahkan rekor pada seluruh peranti yang dikemas dengan teknologi canggih, memperkuat posisi Honor sebagai merek ponsel global terkemuka.