ArenaLTE.com – Huawei merilis salah satu sub brand terbaru mereka Honor 8 dan Honor 8 Smart di sebuah perhelatan yang digelar di New Delhi, India. Smartphone ini merupakan perangkat yang memang sudah sangat dinantikan publik di segmen menengah. Antara lain karena mengusung harga kompetitif dengan spesifikasi memadai.

Terlepas dari spesifikasi yang disuguhkan, aspek menarik dari smartphone baru ini terletak pada dukungan dual camera setup di bodi belakangnya. Memang bukan yang pertama, namun langkah Huawei menyusupkan fitur ini di seri kelas menengah menjadi terobosan tersendiri. Sebuah pergerakan yang patut diapresiasi.

Bicara soal spesifikasi Honor 8, Huawei membenamkan layar berdiagonal 5,2 inci pada resolusi full HD (1920x1080piksel). Kemudian dibungkus dengan layar lengkung 2.5D yang diproteksi Corning Gorilla Glass.

huawei-honor-8Di sektor dapur pacu, ponsel ini memiliki prosesor octa core Kirin 950 yang merupakan produk in-house Huawei berclockspeed 1.8Ghz.untuk meningkatkan performa, disusupkan pula RAM dengan besaran 4GB. Sementara untuk penyimpanan data sang vendor menyediakan memori internal 32GB.

Spesifikasi-Huawei-Honor-8Honor 8 disempurnakan juga dengan co-processor pintar i5 serta mengandalkan sensor sidik jari sebagai pelindung privasi penggunanya. Varian untuk pasar Tiongkok tersedia dalam beberapa pilihan yakni RAM 3GB dan RAM 4GB dengan dukungan memori internal 32GB.

Kapasitas storage yang tersedia sebenarnya tak terlalu jadi masalah karena ponsel ini juga mendukung slot microSD. Alhasil kapasitas memorinya masih bisa diperbesar.

Sorotan utama smartphone ini adalah dukungan dual camera di bodi belakangnya. Mengandalkan sensor 12MP serta disuntik aperture f/2.2, ukuran piksel 1.76micron serta disokonng dual LED flash. Mirip dengan Huawei P9 satu sensor dipakai untuk menangkap warna RGB sementara yang lain menangkap monokrom.

Di area depan, ponsel ini menyisipkan kamera selfie berkekuatan 8MP dengan aperture f/2.4. Mampu merekam video pada resolusi 1080p. Smartphone ini juga dijejali baterai berkapasitas 3000mAh.

Huawei juga merilis varian lain yang disebut dengan Honor 8 Smart. Soal spesifikasi, ponsel ini mempunyai layar berukuran sama yakni 5,2 inci pada resolusi full HD.

Perangkat ini juga dibenami dengan dukungan prosesor Kirin 650 yang memiliki clockseped 2GHz. Sebagai pelengkap, Honor 8 Smart disuntik RAM 2GB dan memori internal 16GB yang bisa diekspansi berkat dukungan slot microSD.

Di area fotografi, ponsel ini memiliki kamera berkekuatan 13 MP di bodi belakang dan kamera depan 8MP. Honor 8 Smart juga mengusung baterai berkapasitas 3000mAh. Tak seperti Honor 8, seri ini merupakan smartphone metal.

Soal harga, Honor 8 mengusung banderol 29.999 rupee atau sekitar IDR 5.849.805 (195). Sementara Honor 8 Smart yang berada di bawahnya mengusung harga lebih terjangkau yakni sekitar 19.999 atau IDR 3.899.805. Keduanya bisa diburu di Flipkart, Amazon India dan Honor Store.